PERANCANGAN BUKU POP-UP BERTEMA PENGENALAN BAGIAN TUBUH PRIBADI SEBAGAI UPAYA PREVENTIF KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK
Abstract
Kekerasan seksual terhadap anak merupakan aktivitas seksual yang melibatkan seorang anak yang belum mencapai batas umur yang ditentukan oleh hukum negara.. Dengan jumlah angka yang terus meningkat setiap tahunnya, salah satu cara untuk mengurangi kekerasan seksual pada anak adalah dengan mengenalkan bagian tubuh pribadi pada anak sejak dini melalui pembelajaran yang menarik. Oleh karena itu, untuk mencegah kekerasan seksual pada anak diperlukan media edukasi yang menarik yaitu buku pop-up. Tujuan dari perancangan ini menghasilkan strategi kreatif buku pop-up bertema pengenalan bagian tubuh pribadi, dan menciptakan buku pop-up sebagai upaya mengurangi kekerasan seksual terhadap anak. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, kajian Pustaka dan kuisioner dengan jumlah 48 responden, selanjutnya data dianalisis menggunakan metode analisis data Framing (Defining Problem (Masalah-Masalah), Diagnose Cause (Penyebab), Make Moral Judgment (Moral/Ideal), Dan Treatment Recommendation Suggest Remedies (Penyelesaian). Dengan adanya perancangan buku pop-up ini maka dapat memberikan sebuah pengetahuan bagi anak-anak dan orang tua sebagai pembimbing tentang pentingnya memberikan edukasi sejak dini kepada anak.References
ALVIOLITA, N. W., & HUDA, M. (2019). Media Pop Up Book Dalam Pembelajaran Bercerita. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 49. https://doi.org/10.30659/j.7.1.49-57
Anggraini, W., Nurwahidah, S., Asyhari, A., Reftyawati, D., & Haka, N. B. (2019).
Development of Pop-Up Book Integrated with Quranic Verses Learning Media on
Temperature and Changes in Matter. Journal of Physics: Conference Series,
(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012084
Beri Tahu Anak Istilah Sebenarnya dari Bagian Tubuh Privat | Republika Online. (2019). https://ameera.republika.co.id/berita/pokfbd414/beri-tahu-anak-istilahsebenarnya-dari-bagian-tubuh-privat
Dewantari, A. A. (2023). Perancangan Buku Pop-up Satwa Endemik Indonesia.
DeKaVe, 16(1), 81–99. https://doi.org/10.24821/dkv.v16i1.7896
Handoyo, M. A. (2019). Tinjauan Pustaka Tipografi. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.
Ivo, N. (2015). Kekerasan Seksual Terhadap Anak: Dampak Dan Penanganannya Child Sexual Abuse: Impact and Hendling. Sosio Informa, 01(200), 13–28.
Jafar, A., Fianto, A. Y. A., & Yosep, S. P. (2014). Penciptaan Buku Ilustrasi Permainan Tradisional Sebagai Upaya Pelestarian Warisan Budaya Lokal. Jurnal Art Nouveau, 3(1), 65–73.
https://jurnal.stikom.edu/index.php/ArtNouveau/article/view/578
LBHSemarang. (2023). Hari Anak Nasional; “Potret Suram Kasus Kekerasan terhadap Anak di Jawa Tengah” - LBH Semarang. https://lbhsemarang.id/hari-anaknasional-potret-suram-kasus-kekerasan-terhadap-anak-di-jawa-tengah/
Nurrohman, R. N. (2023). Peran Orangtua dalam Perkembangan Belajar Anak Usia Dini Halaman 1 - Kompasiana.com. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/ranni59871/64bbf462a0688f13ca75d134/peranorangtua-dalam-perkembangan-belajar-anak-usia-dini
Oktavia, M., Fadillah, & Purwanti. (2019). Peranan Guru Dalam Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa,
(1), 6–7. https://drc-simfoni.kemenpppa.go.id/ringkasan
Purnomo, H. (2013). Peran Orang Tua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Parenting, 34–47.
Rahmawati, N. (2014). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Penguasaan Kosa Kata Anak Usia 5-6 Tahun di TK Putera Harapan. Prodi PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Uiversitas Negeri Surabaya, 3(1), 5–6.
Rosalina, C. D., & Nugrahani, R. (2019). Pengembangan Media Buku Pop-Up Untuk Pembelajaran Mengenal Huruf Alphabet Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 5(1), 54–63.
Saripudin, A. (2017). Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia
Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1).
https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1394
Setiyanigrum, R. (2020). Media Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi. Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 2016, 217–219.
Studi, P., Komunikasi, D., Seni, F., Dan, R., & Maret, U. S. (2018). Perancangan Buku Pop Up Edukasi Pengenalan.
Wardhana, L. P. A. K., & Anggapuspa, M. L. (2020). Perancangan Buku Interaktif
Digital Edukasi Seks Untuk Anak-Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Barik, 1(2), 71–
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Waruwu, M. (20 C.E.). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai.
周益人. (2007). No Titleывмывмыв. Ятыатат, вы12у(235), 245. http://digilib.unila.ac.id/4949/15/BAB II.pdf
, R. B. (2023). No Title
Afandi, A. (2019). Bentuk-Bentuk Perilaku Bias Gender. LENTERA: Journal of Gender and Children Studies, 1(1), 1–18. https://journal.unesa.ac.id/index.php/JOFC/article/view/6819%0Ahttps://journal.unesa.ac.id/index.php/JOFC
Hulisyiana. (2021). Pengembangan Pop Up Book Pancasila Berbasis Nilai-nilai Sosial dalam Kehidupan Sehari-hari Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 9–28.
Ivo, N. (2015). Kekerasan Seksual Terhadap Anak: Dampak Dan Penanganannya Child Sexual Abuse: Impact and Hendling. Sosio Informa, 01(200), 13–28.
Prof. Dr. Eti Nurhayati, M. S. (2018). Psikologi Perempuan Dalam Berbagai Perspektif. In Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Feysa Riwi Brilianti, Toto Haryadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0


