PEMBELAJARAN TRANSPORT LAYER (KONEKSI ANTAR HOST) PADA MATA KULIAH JARINGAN KOMPUTER DENGAN METODE PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING

Noor Ageng Setiyanto

Abstract


Jaringan adalah salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Ilmu Komputer. Tidak adanya media pembelajaran berbasis komputer pada mata kuliah tersebut, menimbulkan kesulitan bagi dosen dalam menyampaikan materi. Materi yang terkandung dalam jaringan komputer adalah 7 layer OSI dan TCP/IP dengan 4 layer. Salah satu layer tersebut adalah layer Transport yang terdiri dari susunan koneksi, proses koneksi, koneksi diantara host yang masih sulit dipahami mahasiswa karena bersifat abstrak dan tidak dapat dilihat dengan mata. Oleh karena itu, penelitian ini berisi tentang pembelajaran multimedia menggunakan pendekatan berbasis masalah. Data yang didapatkan pada awal penelitian untuk menemukan masalah yang dihadapi oleh mahasiswa, kemudian menganalisa kebutuhan mahasiswa, dan merancang visualisasi dari pembelajaran multimedia. Mahasiswa mendapatkan gambaran dari lalu lintas data dengan jelas, dan dapat menjelaskan apa yang terjadi pada koneksi antar host. Hasil yang ditunjukkan adalah peningkatan signifikan pada 2 kelompok mahasiswa yang masing-masing beranggotakan 32 mahasiswa. Pada tes kompetensi konvensional, kelompok satu mendapatkan rata-rata 62.7 dan kelompok dua dengan rata-rata 72. Kemudian hasil yang didapatkan ketika menggunakan pembelajaran multimedia, kelompok satu mendapatkan rata-rata 73 atau 10.3 dan kelompok dua meningkat menjadi 82 atau 10. Ini berarti bahwa rata-rata nilai dari mahasiswa meningkat dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional.

Kata kunci : jaringan komputer, layer Transport, pembelajaran berbasis masalah.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v11i1.936

Article Metrics

Abstract view : 670 times
PDF - 1780 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.