MODEL TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PELAYANAN INFORMASI PUBLIK JAWA TENGAH

Budi Widjajanto, Yuliman Purwanto, Nova Rijati

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan suatu model tatakelola teknologi informasi untuk pelayanan informasi publik Jawa Tengah.  Kegiatan yang dilakukan adalah mengidentifikasi layanan-layanan pada website pemerintah dengan cara studi pustaka/dokumentasi dan observasi website pemerintah Kabupaten Wonogiri, Cilacap, Kudus, Semarang, Pekalongan dan Kebumen berdasarkan tingkatan e-government, kualitas konten informasi dan ketersediaan konten informasi pada website berdasarkan ketentuan UU No. 14/2008, serta melakukan diskusi terarah dengan pihak-pihak yang terkait. Dan berdasarkan peta layanan informasi publik kemudian dirumuskan suatu model layanan informasi publik berbasis teknologi informasi berdasarkan pemetaan kondisi pelayanan publik. Hasilnya dari 6 website pemerintah Kabupaten, layanan situs masih bersifat informatif dan didukung dengan konten informasi yang berkualitas (akurat, terkini dan relevan), serta kersediaan konten-konten informasi publik pada situs pemerintah berdasarkan UU No. 14/2008 sebesar 43%, sehingga diperlukan peningkatan layanan atau fungsi pada situs pemerintah menjadi interaktif dengan menambah konten-konten informasi publik dalam bentuk web portal agar sesuai dengan ketentuan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Kata kunci: informasi publik, teknologi informasi, e-government

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v12i4.803

Article Metrics

Abstract view : 286 times
PDF - 405 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.