Analisis dan Evaluasi Website Layanan Jasa Menggunakan Webqual 4.0 dan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Indira Firli Widodo, Yudi Priyadi, Rosa Reska Riskiana

Abstract


Website pada internet tidak hanya digunakan untuk memperoleh informasi saja, melainkan dapat digunakan sebagai media untuk melakukan bisnis, oleh karena itu untuk menambah minat pengguna internet dalam mengakses dan membaca isi website, website harus bisa disajikan dengan menarik dan informatif. Pada proses analisis kualitas website terhadap kepuasan pengguna kali ini dilakukan pada website Coredinate Laboratory Indonesia karena setelah dilakukan proses elisitasi dengan metode wawancara ditemukan banyak kekurangan dalam sisi Usability. Usability sendiri dinilai penting untuk mengukur kualitas kelayakan sistem. Analisis kualitas dilakukan untuk mengetahui faktor apa saja yang sekiranya dapat meningkatkan kualitas website Cordinatelab sehingga dapat mengukur kepuasan pengguna. Untuk melakukan analisis kepuasan pengguna terhadap kualitas website Coredinatelab, digunakan metode Webqual 4.0 dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Dikarenakan Webqual lebih berfokus pada kualitas website dan AHP digunakan untuk menyusun rekomendasi prioritas pada tiap kriteria yang nantinya akan menjadi patokan perbaikan website. Setelah dilakukan perbaikan website, dilakukan penyebaran kuesioner kedua terhadap responden yang sama untuk perbandingan antar website saat ini dan website perbaikan dan didapatkan nilai tertinggi dengan pernyataan “Setuju” pada dimensi Usability, Information Quality, dan Interaction Quality. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengunjung dinilai puas dengan perbaikan website yang dilakukan.


Keywords


Kualitas Website, Webqual 4.0, Analytical Hierarchy Process (AHP), Expert Choice, SPSS 24.

Full Text:

PDF

References


K. Ming, “Evaluasi Kualitas Website Ditinjau Dari Kepuasan User Dengan Web Analytic (Studi Kasus Pada Website Majalah Livingetc Indonesia),” J. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 7–11, 2014, doi: 10.9744/informatika.12.1.7-11.

A. M. Aladwani and P. C. Palvia, “Developing and validating an instrument for measuring user-perceived web quality,” vol. 39, pp. 467–476, 2002.

B. A. Mustikaningtyas, M. C. Saputra, and A. Pinandito, “Analisis Usability Pada Website Universitas Brawijaya Dengan Heuristic Evaluation,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 3, p. 188, 2016, doi: 10.25126/jtiik.201633194.

S. Barnes and R. Vidgen, “WebQual - An Exploration of Website Quality. Proceiding of the Eighth European Conference on Information System,” Eur. Conf. Inf. Syst., pp. 1–9, 2000, [Online]. Available: http://aisel.aisnet.org/ecis2000/74.

M. Germonprez and I. Zigrus, “Causal Factor for Website Complexity,” vol. 3, no. 2003, pp. 1–16, 2005.

N. Rahayu, “Pengukuran Kualitas Website Haluan Riau,” 2014.

S. Jaelani, Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Website PT Wave Wahana Wisesa Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Webqual, vol. 5, no. 7. 2016.

E. Rahmanita, N. Prastiti, and I. Jazari, “Penggunaan Metode AHP dan FAHP dalam Pengukuran Kualitas Keamanan Website E-Commerce,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 3, p. 371, 2018, doi: 10.25126/jtiik.201853816.

R. M. Yunus, Z. Samadi, N. M. Yusop, and D. Omar, “Expert Choice for Ranking Heritage Streets,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 101, pp. 465–475, 2013, doi: 10.1016/j.sbspro.2013.07.220.

F. M. F. A. Bakthier, F. Pradana, and B. Priyambadha, “Sistem Elisitasi Kebutuhan dengan Konsep Gamification Berbasis Website,” vol. 3, no. 5, pp. 4491–4499, 2019.

D. Astuti and F. N. Salisah, “Analisis Kualitas Layanan E-Commerce Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode E-Servqual ( Studi Kasus : Lejel Home Shopping Pekanbaru ),” J. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. Vol.2, no. No.1, Februari 2016, p. hal.44-49, e-ISSN 2502-8995 p-ISSN 2460-8181, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/RMSI/article/view/1784.

J. A. Putra, “Analisis Kualitas Layanan E-Commerce Menggunakan Metode Zone Of Tolerance”, vol. 4, no. 1, p. (halaman 2), 2020.

W. Sujarweni, “SPSS Untuk Penelitian,” pp. 1–12, 2018.

M. O. Leavitt, Research-based web design & usability guidelines, vol. 2009, no. July 12. 2006.

Sugiyono, “Statistika Untuk Penelitian.,” J. Governansi, vol. 1, no. 1, pp. 35–43, 2007, doi: 10.30997/jgs.v1i1.272.

K. Hapsari, and Y. Priyadi, "Perancangan Model Data Flow Diagram Untuk Mengukur Kualitas Website Menggunakan Webqual 4.0," JSINBIS (Jurnal Sistem Informasi Bisnis), vol. 7, no. 1, pp. 66-72, May. 2017. https://doi.org/10.21456/vol7iss1pp66-72

R. Sukmawati and Y. Priyadi, “Perancangan Proses Bisnis Menggunakan UML Berdasarkan Fit/Gap Analysis Pada Modul Inventory Odoo”, intensif, vol. 3, no. 2, pp. 104-115, Apr. 2019.

M. D. Kartika and Y. Priyadi, “Pengembangan Sistem Penjualan Menggunakan UML dan Proses Bisnis E-Commerce Pada TB.Purnama Banjarnegara,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 3, pp. 480–497, 2020.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v20i4.5260

Article Metrics

Abstract view : 542 times
PDF - 366 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.