Korelasi Tipe Pemain Dengan Pengukuran Usability Pada Game Freemium

. Rizky

Abstract


Game merupakan kategori terpopuler di Play Store dan App Store, matangnya industri game sudah terbentuk sejak puluhan tahun lalu dari zaman konsol. Value Chain game di zaman mobile mengalami perubahan yang signifikan, terutama di sisi distribution channel yang memotong banyak proses. Namun, disayangkan developer banyak hanya berfokus pada proses penciptaan game, tanpa mempersiapkan strategi monetising yang baik, salah satunya adalah model Freemium dan Premium. Untuk itu diperlukan studi lebih lanjut tentang tipe tipe pemain yang akan berhubungan dengan keputusan pembelian game. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi tipe pemain terhadap pengujian usability dan dapat digunakan sebagai salah satu acuan dalam penentuan model bisnis game bagi para developer. Metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase. yang disesuaikan dengan kondisi pemain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tipe pemain yang terdiri dari empat jenis pemain memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap keputusan pemain dalam memilih judul game, namun memliki pengaruh signifikan terhadap pengujian usability game freemium.

 

Keywords


player type, usability, freemium

Full Text:

PDF

References


N. F. M. EL-firjani, E. K. Elberkawi, and A. M. Maatuk, “A Method for Website Usability Evaluation : A Comparative Analysis,” Int. J. Web Semant. Technol., vol. 8, no. 3, pp. 01–11, 2017.

S. Kieffer and J. Vanderdonckt, “STRATUS: A questionnaire for strategic usability assessment,” Proc. ACM Symp. Appl. Comput., vol. 04-08-Apri, pp. 205–212, 2016.

W. Handiwidjojo and L. Ernawati, “Pengukuran Tingkat Ketergunaan ( Usability ) Sistem Informasi Keuangan Studi Kasus : Duta Wacana Internal Transaction ( Duwit ),” Juisi, vol. 02, no. 01, pp. 49–55, 2016.

F. Mohd, M. Noor, E. H. C. Daud, and S. S. Hasbullah, “Mobile games usability using the idea of mark overmars,” ACM IMCOM 2016 Proc. 10th Int. Conf. Ubiquitous Inf. Manag. Commun., 2016.

G. Hookham, K. Nesbitt, and F. Kay-Lambkin, “Comparing usability and engagement between a serious game and a traditional online program,” ACM Int. Conf. Proceeding Ser., vol. 01-05-Febr, 2016.

K. Wegner, S. Seele, H. Buhler, S. Misztal, R. Herpers, and J. Schild, “Comparison of two inventory design concepts in a collaborative virtual reality serious game,” CHI Play 2017 Ext. Abstr. - Ext. Abstr. Publ. Annu. Symp. Comput. Interact. Play, pp. 323–329, 2017.

Permatasari, Afrinia Lisditya, D. I. Yogyakarta, and K. Bantul, “PENGETAHUAN MITIGASI NON STRUKTURAL BENCANA,” pp. 167–176, 2019.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v20i2.4427

Article Metrics

Abstract view : 203 times
PDF - 236 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.