Analisis Profil dan Karakteristik Pengguna Media Sosial di Indonesia Dengan Metode EFA dan MCA
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v20i1.4289Keywords:
Media Sosial, EFA, MCA, Bahasa Pemrograman RAbstract
Dari sekitar 143 juta pengguna Internet di Indonesia, hampir 90% di antaranya adalah pengguna media sosial. Meski telah banyak diteliti, namun banyak yang baru menyentuh level permukaan saja dan belum memberikan gambaran yang komprehensif dan menyeluruh. Selain untuk mengetahui platform media sosial apa saja yang marak digunakan di Indonesia, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana profil dan karakteristik pengguna masing-masing platform media sosial yang marak digunakan dan memahami tentang bagaimana pengaruh perbedaan usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan faktor-faktor demografis lainnya terhadap penggunaan media sosial. Survei dari 412 pengguna media sosial di Indonesia dianalisis dengan metode EFA dan MCA dengan bantuan bahasa pemrograman R. Dari hasil analisis ditemukan beberapa profil pengguna media sosial yang berbeda. Selain mayoritas pengguna yang cenderung menggunakan media sosial populer seperti YouTube, Instagram, WhatsApp, dan Facebook untuk kebutuhan personal baik itu hiburan maupun pendidikan, terdapat juga jenis pengguna yang memanfaatkan media sosial lain seperti Linkedin dan GitHub untuk kebutuhan profesional, terutama dari kalangan ekonomi menengah ke atas. Selain dapat memperkaya wawasan terkait penggunaan media sosial di Indonesia, temuan dari penelitian ini juga dapat dimanfaatkan oleh penelitian selanjutnya, utamanya terkait pemanfaatan media sosial oleh beragam kalangan yang berbeda dengan tujuan yang berbeda-beda pula.References
Arianti, G. 2017. Kepuasan Remaja Terhadap Penggunaan Media Sosial Instagram Dan Path. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(2), 180. https://doi.org/10.32509/wacana.v16i2.21
Bimo. 2017. Komunikasi Massa: Perkembangan Media Sosial di Indonesia. https://pakarkomunikasi.com/perkembangan-media-sosial-di-indonesia, diakses 1 Desember 2019.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2017. Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017. Penetrasi Dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia, 1–39. Retrieved from https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/Laporan Survei APJII_2017_v1.3.pdf
Pratama, A. R. 2020. Mobile Devices and Mobile Apps Use among Indonesian College Students. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 803(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/803/1/012016
Pratama, A. R. 2018. Investigating Daily Mobile Device Use among University Students in Indonesia. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 325(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/325/1/012004
Ghaisani, A. P., Handayani, P. W., & Munajat, Q. 2017. Users’ Motivation in Sharing Information on Social Media. Procedia Computer Science, 124, 530–535. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.12.186
Susilo, D., & Putranto, T. D. 2018. Indonesian Youth on Social Media: Study on Content Analysis. 113(Sshr 2017), 94–97. https://doi.org/10.2991/sshr-17.2018.15
Damanik, D., Wachyuni, S. S., Wiweka, K., & Setiawan, A. 2019. The Influence of Social Media on the Domestic Tourist’s Travel Motivation Case Study: Kota Tua Jakarta, Indonesia. Current Journal of Applied Science and Technology, 36(6), 1–14. https://doi.org/10.9734/cjast/2019/v36i630263
Meyliana, P., Hidayanto, A. N., & Budiardjo, E. K. 2016. Social Media Adoption for Social CRM in Higher Education: an Insight from Indonesian Universities. International Journal of Synergy and Research, 4(2), 7. https://doi.org/10.17951/ijsr.2015.4.2.7
Chan-Olmsted, S. M., Cho, M., & Lee, S. 2013. User Perceptions of Social Media: A Comparative Study of Perceived Characteristics and User Profiles by Social Media. Online Journal of Communication and Media Technologies, 3(4). https://doi.org/10.29333/ojcmt/2451
Kusyanti, A., Puspa, H., Rahma, D., & April, Y. 2018. Teen’s Social Media Adoption: An Empirical Investigation in Indonesia. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 9(2), 380–384. https://doi.org/10.14569/IJACSA.2018.090252
Kusyanti, A., Puspitasari, D. R., Ayu Catherina, H. P., & Lia Sari, Y. A. 2017. Information Privacy Concerns on Teens as Facebook Users in Indonesia. Procedia Computer Science, 124, 632–638. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.12.199
Bélanger, F., & Crossler, R. E. 2011. Privacy in the digital age: a review of information privacy research in information systems. MIS Quarterly, 35(4), 1017-1042.
Husson, F., Josse, J., Le, S., & Mazet, J. 2020. Multivariate exploratory data analysis and data mining. Retrieved from http://factominer.free.fr
Kassambara, A., & Mundt, F. 2020. Extract and Visualize the Results of Multivariate Data Analyses. Retrieved from https://cran.r-project.org/package=factoextra
Thuleau, S., & Husson, F. 2020. Automatic Description of Factorial Analysis. Retrieved from http://factominer.free.fr/reporting/
Cisco, V. 2018. Cisco visual networking index: forecast and trends, 2017–
https://www.cisco.com/c/en/us/solutions/collateral/service-provider/
visual-networking-index-vni/white-paper-c11-741490.html. White Paper.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Adam Hermawansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi
Artikel yang diterbitkan dalam jurnal Techno.Com dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional (CC BY-NC 4.0).
Anda diperbolehkan untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan melakukan karya dari artikel ini serta membuat karya turunan selama Anda memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan tidak menggunakan karya ini untuk tujuan komersial. Untuk melihat salinan lisensi ini, kunjungi [Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International](https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/).
---
Contoh pengkreditan:
- Penulis: [Nama Penulis]
- Judul Artikel: [Judul Artikel]
- Jurnal: Techno.Com, Vol. [Nomor Volume], No. [Nomor Edisi], Tahun [Tahun Penerbitan]
Jika Anda ingin menggunakan karya ini untuk tujuan komersial, Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari penulis atau penerbit.
---