Analisis Profil dan Karakteristik Pengguna Media Sosial di Indonesia Dengan Metode EFA dan MCA

Authors

  • Adam Hermawansyah Universitas Islam Indonesia
  • Ahmad R Pratama Universitas Islam Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33633/tc.v20i1.4289

Keywords:

Media Sosial, EFA, MCA, Bahasa Pemrograman R

Abstract

Dari sekitar 143 juta pengguna Internet di Indonesia, hampir 90% di antaranya adalah pengguna media sosial. Meski telah banyak diteliti, namun banyak yang baru menyentuh level permukaan saja dan belum memberikan gambaran yang komprehensif dan menyeluruh. Selain untuk mengetahui platform media sosial apa saja yang marak digunakan di Indonesia, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana profil dan karakteristik pengguna masing-masing platform media sosial yang marak digunakan dan memahami tentang bagaimana pengaruh perbedaan usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan faktor-faktor demografis lainnya terhadap penggunaan media sosial. Survei dari 412 pengguna media sosial di Indonesia dianalisis dengan metode EFA dan MCA dengan bantuan bahasa pemrograman R. Dari hasil analisis ditemukan beberapa profil pengguna media sosial yang berbeda. Selain mayoritas pengguna yang cenderung menggunakan media sosial populer seperti YouTube, Instagram, WhatsApp, dan Facebook untuk kebutuhan personal baik itu hiburan maupun pendidikan, terdapat juga jenis pengguna yang memanfaatkan media sosial lain seperti Linkedin dan GitHub untuk kebutuhan profesional, terutama dari kalangan ekonomi menengah ke atas. Selain dapat memperkaya wawasan terkait penggunaan media sosial di Indonesia, temuan dari penelitian ini juga dapat dimanfaatkan oleh penelitian selanjutnya, utamanya terkait pemanfaatan media sosial oleh beragam kalangan yang berbeda dengan tujuan yang berbeda-beda pula.

Author Biography

Adam Hermawansyah, Universitas Islam Indonesia

Program Magister Informatika

References

Arianti, G. 2017. Kepuasan Remaja Terhadap Penggunaan Media Sosial Instagram Dan Path. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(2), 180. https://doi.org/10.32509/wacana.v16i2.21

Bimo. 2017. Komunikasi Massa: Perkembangan Media Sosial di Indonesia. https://pakarkomunikasi.com/perkembangan-media-sosial-di-indonesia, diakses 1 Desember 2019.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2017. Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017. Penetrasi Dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia, 1–39. Retrieved from https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/Laporan Survei APJII_2017_v1.3.pdf

Pratama, A. R. 2020. Mobile Devices and Mobile Apps Use among Indonesian College Students. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 803(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/803/1/012016

Pratama, A. R. 2018. Investigating Daily Mobile Device Use among University Students in Indonesia. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 325(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/325/1/012004

Ghaisani, A. P., Handayani, P. W., & Munajat, Q. 2017. Users’ Motivation in Sharing Information on Social Media. Procedia Computer Science, 124, 530–535. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.12.186

Susilo, D., & Putranto, T. D. 2018. Indonesian Youth on Social Media: Study on Content Analysis. 113(Sshr 2017), 94–97. https://doi.org/10.2991/sshr-17.2018.15

Damanik, D., Wachyuni, S. S., Wiweka, K., & Setiawan, A. 2019. The Influence of Social Media on the Domestic Tourist’s Travel Motivation Case Study: Kota Tua Jakarta, Indonesia. Current Journal of Applied Science and Technology, 36(6), 1–14. https://doi.org/10.9734/cjast/2019/v36i630263

Meyliana, P., Hidayanto, A. N., & Budiardjo, E. K. 2016. Social Media Adoption for Social CRM in Higher Education: an Insight from Indonesian Universities. International Journal of Synergy and Research, 4(2), 7. https://doi.org/10.17951/ijsr.2015.4.2.7

Chan-Olmsted, S. M., Cho, M., & Lee, S. 2013. User Perceptions of Social Media: A Comparative Study of Perceived Characteristics and User Profiles by Social Media. Online Journal of Communication and Media Technologies, 3(4). https://doi.org/10.29333/ojcmt/2451

Kusyanti, A., Puspa, H., Rahma, D., & April, Y. 2018. Teen’s Social Media Adoption: An Empirical Investigation in Indonesia. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 9(2), 380–384. https://doi.org/10.14569/IJACSA.2018.090252

Kusyanti, A., Puspitasari, D. R., Ayu Catherina, H. P., & Lia Sari, Y. A. 2017. Information Privacy Concerns on Teens as Facebook Users in Indonesia. Procedia Computer Science, 124, 632–638. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.12.199

Bélanger, F., & Crossler, R. E. 2011. Privacy in the digital age: a review of information privacy research in information systems. MIS Quarterly, 35(4), 1017-1042.

Husson, F., Josse, J., Le, S., & Mazet, J. 2020. Multivariate exploratory data analysis and data mining. Retrieved from http://factominer.free.fr

Kassambara, A., & Mundt, F. 2020. Extract and Visualize the Results of Multivariate Data Analyses. Retrieved from https://cran.r-project.org/package=factoextra

Thuleau, S., & Husson, F. 2020. Automatic Description of Factorial Analysis. Retrieved from http://factominer.free.fr/reporting/

Cisco, V. 2018. Cisco visual networking index: forecast and trends, 2017–

https://www.cisco.com/c/en/us/solutions/collateral/service-provider/

visual-networking-index-vni/white-paper-c11-741490.html. White Paper.

Downloads

Published

2021-02-09