Perancangan Sistem Informasi Monitoring Tim Sukses untuk Strategi Pemenangan Caleg Menggunakan Framework ITIL Versi 3

Alfian Pradana Isanto, Achmad Teguh Wibowo, Mohammad Khusnu Milad

Abstract


Pemilihan Umum (pemilu) adalah sarana kedaulatan rakyat untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, anggota Dewan Perwakilan Daerah, Presiden, dan Wakil Presiden, dan untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, peran tim sukses pada pemilu sangat penting karena dapat mendukung elektabilitas pada partai atau calegnya. Pada kenyataan dilapangan seringkali tim sukses tidak melaksanakan tugasnya dan proses pelaporan tugas yang tidak didukung data yang valid menjadikan dampak negatif secara langsung maupun tidak langsung pada partai atau caleg. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat analisis perancangan sistem informasi monitoring tim sukses untuk strategi pemenangan caleg menggunakan framework ITIL versi 3. Analisis perancangan yang dilakukan menggunakan proses Event Management, didapatkan hasil yaitu sistem informasi monitoring berbasis web dengan dukungan koordinat yang membantu proses monitoring data dan menunjang validitas data. . Penggunaan sistem informasi monitoring dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran pada partai/caleg terkait baik secara langsung maupun tidak langsung.

Keywords


Tim Sukses;ITIL versi 3;Service Operation;Event Management;Sistem Informasi Monitoring

Full Text:

PDF

References


Tim Redaksi BIP, Undang-Undang Pemilu 2019. Jakarta: Kelompok Gramedia, 2018.

E. M. Sipayung, C. Fiarni, and E. Aditya, “Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Menggunakan Framework ITIL V3,†J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 2, 2017.

E. Infitharina, “Penerapan Information Technology Infrastructure Library Framework Pada Sistem ( Studi Kasus : Pt Tridas Widiantara ),†p. 2007, 2007.

T. Saraswati, “Desain Tata Kelola Teknologi Informasi Ramah Lingkungan Berbasis Itil Versi 3 (Studi Kasus: Pustipd Uin Sunan Ampel Surabaya),†J. Komunika J. Komunikasi, Media dan Inform., vol. 7, no. 2, 2018.

N. F. Annisa, “Analisis Penilaian Kesiapan & Implementasi Sistem Informasi B-m@x dengan ITIl Versi 3 pada Domain Service Transition & Sevice Operation Studi Kasus PT.PLN Regional,†2014.

W. Gata and G. Gata, Sukses Membangun Aplikasi Penjualan dengan Java. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2013.

R. Abdul, “Pengujian Perangkat Dengan Menggunakan Metode White Box dan Black Box,†HIMSYATECH-Jurnal Teknol. Inf., vol. 8, 2010.

A. Ahmed, Software Management Project. New York: CRC Press, 2012.

M. Indrajani, S.Kom., Database Design All in One – Theory, Practice, and Case Study. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2018.

A. Kadir, Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP. Yogyakarta: Andi, 2008.

OGC, ITIL v3: Service Operation, vol. 34, no. 19. 2007.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v19i1.2758

Article Metrics

Abstract view : 1861 times
PDF - 691 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.