Perancangan Robot Penelusur Menggunakan Algoritma Dijkstra dan Metode Maze Solver

Yusuf Anshori, A. Y. Erwin Dodu, Fadli Kurniawan

Abstract


Dalam sebuah eksplorasi terdapat berbagai macam hal yang ingin di telusuri, baik dalam area terbuka maupun sebuah area tertutup. Pada area tertutup seperti reruntuhan, banyak hal yang bisa terjadi dan dapat membingungkan serta membahayakan nyawa manusia. Berdasarkan studi literatur yang dilakukan didapatkan bahwa dengan menggunakan robot yang diimplementasikan algoritma dijkstra dan metode maze solver dapat mengurangi biaya eksplorasi serta menghindari hal-hal yang dapat membahayakan nyawa manusia. Maka untuk algoritma dijkstra dan metode maze solver diambil dikarenakan algoritma dijkstra dapat menelusuri jalur terpendek dari titik manapun dan metode maze solver dapat menelusuri labirin yang tidak diketahui peta labirinnya sehingga dapat melakukan penelesuran labirin yang memiliki peta yang diketahui jalurnya dan peta yang tidak diketahui jalurnya. Capaian dari hasil penelitian ini adalah, mengimplementasikan algoritma dijkstra dan metode maze solver pada robot penelusur labirin. Ilmu penelitian ini dapat menjadi referensi dari studi pembelajaran dan pembuatan produk teknologi yang berguna bagi perusahaan maupun masyarakat.


Keywords


Robot; Eksplorasi; Algoritma Dijkstra; Maze Solver; Labirin

Full Text:

PDF

References


Maarif, A., 2014, Perancangan Line Maze Solving Robot Dengan Algoritma Short Path Finder, Skripsi, Program Studi Teknik Elektro, Unversitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Yanto, F., dan Welly, I., 2015, Analisa dan Perbaikan Algoritma Line Maze Solving Untuk Jalur Loop, Lancip, dan Lengkung pada Robot Line Follower (LFR), Jurnal CoreIT, Vol.1, No.2, Desember 2015, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Riau.

Retnati, W. E. Y., Istiadi, D., dan Roqib, A., 2015, Pencarian SPBU Terdekat Dan Penetuan Jarak Terpendek Menggunakan Algoritma Dijkstra (Studi Kasus Kabupaten Jember), Jurnal Nasional Teknik Elektro Vol : 4, No : 1, Maret 2015, Universitas Jember, Jember.

Nurmalasari, M., Triyanto, D. & Brianorman, Y. 2015. Implementasi Algoritma Maze Solving Pada Robot Line Follower, Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, Volume 03 Nomor 2 (2015), Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Saralita, M. 2015. Robotika - Drop-BOT : Robot Pengirim Barang. https://www.academia.edu/29590052/Robotika_-_Drop-BOT_Robot_Pengirim_Barang, diakses tgl 15 Desember 2018.

Hasyim, Y. & Putri, A.R. 2017. Implementasi Sistem Navigasi Wall Following Dengan Metode Fuzzy Logic Untuk Robot Pemadam Api Divisi Berkaki Onix II Pada KRPAI Tahun 2017, JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) Volume 02, Nomor 01, Mei 2017 : 26 – 31, STKIP PGRI Tulungagung Jalan Major Sujadi Timur 7, Tulungagung.

Rasyid, M,A., Firdaus & Derisma. 2016. Rancang Bangun Robot Pengering Lantai Otomatis Menggunakan Metode Fuzzy, jsiskom Jurnal Sistem Komputer Vol.6, No.2, 2016, Universitas Diponegoro, Semarang.

Rohmanu, A. & David, W. 2018. Sistem Sensor Jarak Aman Pada Mobil Berbasis Mikrokontroller Arduino ATMEGA328, Jurnal Informatika SIMANTIK Vol. 3 No. 1. STMIK Cikarang, Cikarang.

Muchtar, H. & Hidayat, A. 2017. Implementasi WAVECOM Dalam Monitoring Beban Listrik Berbasis Mikrokontroler, Jurnal Teknologi Universitas Muhammadiyah Jakarta Vol. 9 No. 1, Januari 2017, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta.

Pribadi, O. 2015. Maze Generator Dengan Menggunakan Algoritma Depth-First-Search, Jurnal TIMES Vol. IV No 1 : 1-5 , 2015, STIMIK TIME, Medan.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v18i2.2335

Article Metrics

Abstract view : 1084 times
PDF - 764 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.