Implementasi Istiwa’ani dalam Pemrograman Aplikasi Berbasis Android

Muhammad Faishol Amin

Abstract


Istiwa’aini adalah salah satu perangkat yang bisa digunakan untuk menenukan arah kiblat. Dengan konsep yang sederhana Istiwa’aini mampu menghasilkan arah kiblat dengan akurasi yang tinggi. Dalam penelitian ini penulis berusaha untuk mengembangkan konsep Istiwa’aini ke perkembangan yang lebih modern yaitu penerapan ke dalam pemrograman aplikasi berbasis android, salah satu sistem operasi yang sangat terkenal dan banyak digunakan saat ini. Penelitian bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan science engineering, dengan data utama dari konsep perhitungan dan pengukuran Istiwa’aini, dan dilakukan dengan menggunakan sarana software Android Studio 3.0.

Aplikasi Istiwa’ Mobile merupakan hasil dari penelitian ini. Aplikasi ini mampu menyederhanakan semua konsep Istiwa’aini, dari tahap pencarian data, input, proses, pengukuran dan penyajian hasil, dikemas dengan sekali tekan (one click). Aplikasi ini juga dirancang dengan tampilan yang sederhana sehingga mudah untuk dioperasikan. Untuk akurasi dari Istiwa’ Mobile dalam pengukuran arah kiblat pun tidak bergeser, tetap dalam taraf akurat (± 3’). Hal ini dibuktikan dengan uji akurasi yang dilakukan oleh penulis dengan membandingkan dengan metode rashdul kiblat global. Dari hal tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Istiwa’ Mobile dapat dijadikan sebagai sarana baru untuk menentukan arah kiblat dengan cara lebih sederhana dan cocok semua orang, baik kalangan ahli, maupun kalangan awam.


Keywords


Istiwa’aini; Android; Istiwa’ Mobile

Full Text:

PDF

References


Slamet Hambali, 2014. Menguji Keakuratan Hasil Pengukuran Arah Kiblat Menggunakan Istiwaaini Karya Slamet Hambali. Laporan Hasil Penelitian Individual IAIN Walisongo Semarang, hlm. V

Ahmad Izzuddin, 2012. Kajian terhadap Metode-metode Penentuan Arah Kiblat dan Akurasinya. Jakarta: Kementrian Agama Republik Indonesia. hlm.88-120.

Ahmad Izzuddin, 2012. Kajian terhadap Metode-metode Penentuan Arah Kiblat dan Akurasinya. Jakarta: Kementrian Agama Republik Indonesia. hlm.67-83.

Slamet Hambali, 2014. Menguji Keakuratan Hasil Pengukuran Arah Kiblat Menggunakan Istiwaaini Karya Slamet Hambali. Laporan Hasil Penelitian Individual IAIN Walisongo Semarang, hlm.111.

Ivan Michael Siregar, 2011. Android Source Code. Yogyakarta: Penerbit Gava Media. hlm.122-152.

Ahmad Izzuddin, 2002. Ilmu Falak Praktis, Jakarta: Kementrian Agama RI. hlm.72.

Abdul Kadir, 2012. Algoritma dan Pemrograman Menggunakan Java. Yogyakarta: Andi Offset. hlm.86.

Ahmad Fali Oklilas, dkk. 2015. Akurasi Pembacaan GPS pada Android untuk Location Based Service (Studi Kasus :Informasi Lokasi SMA di Palembang),Vol.4 No.1. hlm 1-5.

National Physical Laboratory, 2007. A User’s Guide to The NPL Internet Time Service,United Kingdom : NP Laboratory. hlm.2.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v18i1.1949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh : 

Jurnal Techno.Com terindex di :

   

 

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang bekerjasama dengan IndoCEISS dan CORIS. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.