Desain Dan Implementasi Hybrid Cloud Computing Sebagai Infrastruktur Untuk Analisis Big Data Menggunakan Analytic Hierarchy Process(AHP)

Toga Aldila Cinderatama, Yoppy Yunhasnawa, Rinanza Zulmy Alhamri

Abstract


Dalam implementasi big data biasanya membutuhkan sumber daya yang cukup besar untuk dapat melakukan analisis terhadap data-data yang jumlahnya sangat besar tersebut, hal ini biasanya menjadi kendala dikarenakan keterbatasan sumber daya yang dimiliki. Komputasi awan (cloud computing) yang salah satunya mempunyai sifat elasticity di dalamnya, menawarkan solusi keterbatasan sumber daya ini. Sumber daya yang terbatas misalkan dalam hal processor, RAM atau storage, dapat digabungkan dengan sumber daya yang dimiliki public cloud provider yang tersedia di market. Sehingga penggabungan 2 sumber daya ini, private cloud dan public cloud, diharapkan menjadi solusi untuk dapat mengimplementasikan analisis big data yang dapat diterapkan untuk analisis berbagai macam bidang. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan hybrid cloud yang menggabungkan sumber daya dari private cloud dengan sumber daya dari public cloud sebagai infrastruktur untuk analisis big data. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah merumuskan sebuah metode minimalisasi cost dalam pemilihan public cloud dengan pendekatan sistem pendukung keputusan menggunakan Fuzzy AHP pada pemilihan public cloud. Langkah pertama yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data cost penggunaan resource dari public cloud. Selanjutnya dilakukan analisis kebutuhan sumber daya yang diperlukan untuk melalukan analisis big data dengan studi kasus topik tertentu. Selanjutnya tahap analisis terhadap pemilihan public cloud yang tepat untuk digunakan sumber dayanya dengan pertimbangan minimalisasi cost. Langkah terakhir adalah implementasi hybrid cloud dan melakukan analisis dan evaluasi terhadap metode yang diusulkan.


Keywords


AHP, Cloud Computing, Hybrid Cloud Computing

Full Text:

PDF

References


Ginting, A.A., Virgono A., Irawan, B. 2013. Perancangan Dan Implementasi Server Untuk Sistem Komputasi Awan Di Intranet Kampus Institut Teknologi Telkom: Seminar Nasional Informatika UPN ”Veteran” Yogyakarta

Ariani, N.K.P.A., Sunarya I.M.G., Wirawan, I.M.A. 2016. Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) Untuk Memberikan Rekomendasi Properti Di Kabupaten Buleleng: Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI)

Maghfiroh, S., Irawan, M. I. 2016. Perancangan dan Implementasi Perangkat Lunak Sistem Pendukung Keputusan Multi Kriteria Menggunakan Metode AHP: JURNAL SAINS DAN SENI ITS Vol. 5 No. 2

Song, Li. et al. 2015. Towards Operational Cost Minimization in Hybrid Clouds for Dynamic Resource Provisioning with Delay-Aware Optimization: IEEE Transactions On Services Computing, Vol. 8, No. 3.

Mell, P., Grance, T. 2011. The NIST Definition of Cloud Computing: National Institute of Standards and Technology.

Kusuma, IGNA 2017. Survei: Aplikasi dan Pengembangan Model Software-as-a- Service pada Cloud Computing: Jurnal Sistem dan Informatika Vol. 12 No.1

Prabowo, W. S., Muslim, M. H., Iryanto, S.B. 2015. Pusat Data Privat Virtual Pemerintah Berbasis Komputasi Awan (Studi Empiris Pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Arora, R. 2015, Creating a Multinode Hadoop cluster in 4 mins using docker containers. http://events.linuxfoundation.org/sites/events/files/slides/Presentation_Rachit_ContainerCon.pdf diakses 27 Mei 2017.

Tutang. 2014. Sistem Operasi Cloud Computing Dengan Windows Azure: Andi Publisher.

Kusumadewi. S, dkk. 2006. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM): Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Jurnal Techno.Com terindex di :

 

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh IndoCEISS dan LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.