Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Smartphone Android Untuk Informasi Pajak Kendaraan Bermotor

Robertus Laipaka

Abstract


Smartphone android tidak hanya digunakan sebagai media untuk bermain, berkomunikasi dengan telepon dan sms saja, tetapi dapat digunakan sebagai media untuk berkomunikasi langsung dengan internet untuk mengirim dan menerima data. Kemudahan layanan untuk mendapatkan informasi seperti informasi pajak kendaraan, informasi beabalik nama kendaraan, informasi nilai jual kendaraan bermotor dan layanan informasi administrasi layanan pajak kendaraan bermotor. Metode waterfall yang terdiri dari Communication: merupakan analisis terhadap kebutuhan software, dan tahap untuk mengadakan  pengumpulan data yang diperlukan, 2) Planning: menghasilkan dokumen user requirement dalam pembuatan software, termasuk rencana yang akan dilakukan, 3) Modeling: proses ini akan menerjemahkan syarat kebutuhan ke sebuah perancangan software yang dapat diperkirakan sebelum dibuat coding, 4) Construction: tahapan inilah yang merupakan tahapan secara nyata dalam  mengerjakan suatu software, artinya setelah pengkodean selesai maka akan dilakukan testing terhadap sistem yang telah dibuat tadi, dan 5) Deployment. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan berupa aplikasi berbasis smartphone android untuk layanan infomasi  pajak kendaraan bermotor (PKB), informasi beabalik nama pajak kendaraan bermotor (NJKB), info nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) dan informasi syarat administrasi layanan pajak kendaraan bermotor pada samsat wilayah 1 pontianak untuk memberikan informasi kepada wajib pajak tentang pajak kendaraan bermotor yang mereka miliki.

 


Keywords


waterfall, Android, json,samsat wilayah Pontianak

Full Text:

PDF

References


Arifin, M. Z., & Sifaunajah, A. (2016). APLIKASI CEK BAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR SAMSAT JAWA TIMUR BERBASIS ANDORID. SAINTEKBU, 9(1).

Guntoro, S. J., Prasida, T. A. S., & Tanone, R. (2013). Aplikasi Gamelan Menggunakan Virtual Button Pada Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Gat.(2017). Pemanfaatan Webservice XML Untuk Membangun Sistem Informasi Nilai Online berbasis Extension Android. Konferensi Nasional Sistem & Informatika, STMIK STIKOM Bali, dari STMIK Pontianak.

Iswoyo, A., Ermawati, Y., & Nugroho, A. TINJAUAN ATAS PP NO. 46 TAHUN 2013 DAN PENGEMBANGAN APLIKASI LAPORAN KEUANGAN DAN PAJAK PENGHASILAN BAGI UMKM BERBASIS WEB DAN ANDROID.

Juraman, S. R. (2014). Pemanfaatan smartphone android oleh mahasiswa ilmu komunikasi dalam mengakses informasi edukatif. JURNAL ACTA DIURNA, 3(1).

Lumenta, A. S. (2012). Pemanfaatan Komputer Tablet Android Sebagai Pengendali Robot Beroda Empat. E-JOURNAL TEKNIK ELEKTRO DAN KOMPUTER, 1(4).

Nuryuliani, N. (2012). APLIKASI PENCARIAN LOKASISEKOLAH MENGGUNAKAN TELEPON SELULAR BERBASIS ANDROID. Prosiding KOMMIT.

Nuari, N. (2014). Perancangan Aplikasi Layanan Mobile Informasi Administrasi Akademik Berbasis Android Menggunakan Webservice (Studi Kasus Reg. b Universitas Tanjungpura). Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN), 1(1).

Nugraha, I. S., Satoto, K. I., & Martono, K. T. (2014). Pemanfaatan Augmented Reality untuk pembelajaran pengenalan alat musik piano. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 2(1), 62-70.

Putra, P. K., & Santoso, P. (2013). Aplikasi Toko Tas Online Berbasis Android. Dimensi Teknik Elektro, 1(1), 12-17.

Purbasari, R. J., Kahfi, M. S., & Yunus, M. (2013). Pengembangan aplikasi android sebagai media pembelajaran matematika pada materi dimensi tiga untuk siswa SMA kelas X. Jurnal Online Universitas Negeri Malang, 1(4).

Ramadhan, T., & Utomo, V. G. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Mobile untuk notifikasi Jadwal Kuliah Berbasis Android (Studi Kasus STMIK Provisi Semarang). Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, ISSN, 2087-0868.

Saputra, A., Kurnianto, D., & Saptadi, A. H. (2017). Rancang Bangun Sistem Alarm Pos Ronda Berbasis Arduino Menggunakan Aplikasi Android Melalui Komunikasi Bluetooth. Proceeding SENDI_U.

Smartphone Rakyat Indonesia (2017).Jumlah pengguna smartphone. http://www.dikti.go.id/smartphone-rakyat-indonesia-2/#1qYCRqIWvkd782Ph.99(diakses pada 1 November 2017).

Sinsuw, A., & Najoan, X. (2013). Prototipe Aplikasi Sistem Informasi Akademik Pada Perangkat Android. E-journal Teknik Elektro dan Komputer, 2(5), 21-30.

Suprensi, S., Nasir, M., & Erlansyah, D. (2015, August). Perangkat Lunak Mobile Notifikasi Pajak Kendaraan Bermotor di Kabupaten Musi Banyuasin. In Student Colloquium Sistem Informasi & Teknik Informatika (SC-SITI) 2015 (Vol. 1). Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Darma.

Suleman, R. A. (2017). APLIKASI MOBILE PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN KANTOR SAMSAT JAYAPURA PAPUA (Doctoral dissertation, STMIK AKAKOM Yogyakarta).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Jurnal Techno.Com terindex di :

 

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh IndoCEISS dan LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.