Pembangunan Piranti Lunak Pembantu Pemetaan Urusan Pemerintah Daerah

Anwar Fuadi

Abstract


Undang-Undang Republik Indonesia nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah mengamanatkan perubahan pembagian kewenangan untuk setiap urusan pemerintahan. Dengan demikian UU ini menuntut dilakukannya revisi Peraturan Pemerintah nomor 41 tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah (PP41) dengan segera. Kemendagri harus mengkoordinasikan seluruh Kementrian dan Lembaga, serta seluruh pemerintah daerah untuk memetakan urusan pemerintahan yang akan digunakan sebagai dasar penyusunan pengganti PP41. Untuk memudahkan dan mempercepat proses penyusunan, Kemendagri memutuskan untuk menggunakan bantuan piranti lunak. Jurnal ini akan menyajikan hasil pembuatan piranti lunak dengan mengikuti kerangka generic software process yang meliputi communication, planning, modeling, construction, dan deployment. Bagian communication menyajikan kebutuhan pengguna terhadap piranti lunak. Bagian planning menyajikan perencanaan proyek dalam bentuk gantt chart. Bagian modeling  menyajikan desain piranti lunak dalam bentuk UML. Bagian construction akan menyajikan platform pemrograman yang digunakan untuk memnganun piranti lunak. Bagian deployment akan menyajikan pemasangan piranti lunak pada infrastruktur yang disediakan oleh pengguna.


Keywords


UU23 2014, PP41 2007, UML

Full Text:

PDF

References


Republik Indonesia, 2014. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah. Kemenkumham, Jakarta.

Republik Indonesia, 2007, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomer 41 tahun 2007 tentang Organisasi Pemerintah Daerah. Kemenkumham, Jakarta.

Errick, S., Holle, 2011, Pelayanan Publik Melalui Elektronik Government: Upaya Meminimalisir Praktek Maladministrasi Dalam Meningkatkan Public Service, Jurnal Sasi, Vol 17, hal 21-30

Zainal, A., Hasibuan, and Harry, B., Santoso, 2005, Standardisasi Aplikasi E-Government Untuk Instansi Pemerintah, Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia ITB, hal 42-48

Pressman, Roger S, 2010, Software engineering : a practitioner’s approach, Ed.7, McGraw-Hill, New York.

Sparx, t.thn, UML 2 Tutorial, http://www.sparxsystems.com/resources/uml2_tutorial/, diakses tgl 18 Agustus 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Jurnal Techno.Com terindex di :

 

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh IndoCEISS dan LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.