Analisis dan Pengukuran Tingkat Ketergantungan (Usability) Penggunaan Website E-learning di Jurusan Ilmu Komputer Universitas Negeri Semarang
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v17i2.1670Keywords:
E-learning, usability, learnability, efficiency, memorability, errors, satisfactionAbstract
E-learning merupakan suatu jenis media untuk melakukan proses belajar mengajar secara mandiri yang memungkinkan tersampaikan bahan ajar ke mahasiswa melalui media jaringan komputer atau internet. E-learning semakin banyak digunakan oleh lembaga pendidikan karena mempermudah para pengguna untuk dapat mengakses dimanapun dan kapanpun tanpa adanya pembatasan ruang dan waktu sehingga mahasiswa dapat dengan leluasa memperoleh materi-materi kuliah yang ditempuh. Tetapi untuk e-learning yang berbasis web ini dirasa masih banyak yang kekurangan sehingga dirasa sangat sulit digunakan atau tidak menarik penggunanya dan tidak dipakai secara efektif dan efisien sebagaimana mestinya. Hal ini dikarenakan usability pada web tidak diperhatikan sehingga hubungan interaksi antara manusia yang merupakan salah satu faktor penting dalam sebuah sistem terabaikan. Usabilitas terdiri dari learnability (mudah dipelajari), efficiency (efisien), memorability (kemudahan dalam mengingat), errors (pencegahan kesalahan), dan satisfaction (kepuasan pengguna). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa tinggi tingkat usabilitas yang telah ada pada sistem dan bagaimana respon pengguna terhadap web e-learning tersebut. Hasil penelitian adalah tingkat usability dari website e-learning sehingga dapat mengetahui kriteria apa saja yang belum diperbaiki sebagai dasar pengembangan user interface dari e-learning tersebut.References
Pujadi, T. 2008. Faktor manusia dan ergonomis penggunaan komputer untuk meningkatkan kesehatan dan keselamatan kerja (K3). CommIT (Communication and Information Technology) Journal, 2(2), 102-105.
Hayati, R. 2014. ANALISIS WEBSITE PEMERINTAH PROVINSI RIAU DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Irsyad, M., Slamet, C., & Susanto, A. 2013. Perancangan Website Sekolah Pada Subsystem User Interface (Study Kasus Di Pesantren Persis 99 Rancabango). Jurnal Algoritma, 9(01).
Hartley, D. E. 2006. Selling e-learning. American Society for Training and Development.
Dix, A.J.E, Finlary, G.D., Abowd, R.Beale, 2003, Human Computer Interaction, Third Edition, Prentice Hall, USA.
Lestariningsih, T. 2017. ANALISIS SITEM INFORMASI DALAM PERSPEKTIF HUMAN COMPUTER INTERACTION. Jurnal AKSI (Akuntansi dan Sistem Informasi), 1(1), 5-9.
Nielsen, J. (1994). Usability engineering. Elsevier.
Handiwidjojo, W., & Ernawati, L. 2016. Pengukuran Tingkat Ketergunaan (Usability) Sistem Informasi Keuangan Studi Kasus: Duta Wacana Internal Transaction (Duwit). Jurnal Informatika dan Sistem Informasi, 2(1), 49-55.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
License Terms
All articles published in Techno.COM Journal are licensed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). This means:
1. Attribution
Readers and users are free to:
-
Share – Copy and redistribute the material in any medium or format.
-
Adapt – Remix, transform, and build upon the material.
As long as proper credit is given to the original work by citing the author(s) and the journal.
2. Non-Commercial Use
-
The material cannot be used for commercial purposes.
-
Commercial use includes selling the content, using it in commercial advertising, or integrating it into products/services for profit.
3. Rights of Authors
-
Authors retain copyright and grant Techno.COM Journal the right to publish the article.
-
Authors can distribute their work (e.g., in institutional repositories or personal websites) with proper acknowledgment of the journal.
4. No Additional Restrictions
-
The journal cannot apply legal terms or technological measures that restrict others from using the material in ways allowed by the license.
5. Disclaimer
-
The journal is not responsible for how the published content is used by third parties.
-
The opinions expressed in the articles are solely those of the authors.
For more details, visit the Creative Commons License Page:
? https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/