Media Informasi Brosur Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat menggunakan Augmented Reality Dalam Bentuk Video

Oktoverano Lengkong, Andria K Wahyudi, Ardian Najoan S. H

Abstract


Media informasi cetak seperti brosur adalah sebuah wadah atau sarana yang berisi informasi lengkap yang menggambarkan suatu objek informasi. Dalam hal ini brosur umumnya memberikan informasi berupa text dan gambar dari objek informasi. Pada penelitian ini peneliti membuat sebuah media informasi brosur interaktif dimana brosur yang dibuat tidak hanya berupa informasi text dan gambar saja, namun menambahkan unsur multimedia lain seperti video dan audio. Dalam hal ini peneliti memanfaatkan teknologi yang sudah ada seperti teknologi Augmented Reality yang mampu menggabungkan objek objek maya dengan objek nyata. Dengan menggunakan teknologi augmented reality peneliti menerapkan objek maya dalam bentuk video, yang mana dalam penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat ke dalam objek nyata yaitu brosur di Fakultas Ilmu Komputer di Universitas Klabat. Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan metode rekayasa perangkat lunak. Penelitian ini menggunakan platform android sebagai landasan dari aplikasi yang menggunakan teknologi augmented reality ini. Sehingga penerapan brosur interaktif ini diharapkan dapat memberikan informasi yang jelas, bagi masyarakat dalam hal ini calon mahasiswa baru untuk bergabung dengan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat.

 

Kata Kunci: Android, Augmented Reality, Marker Augmented Reality, Rekayasa Perangkat Lunak, Universitas Klabat.


Keywords


Android, Augmented Reality, Marker Augmented Reality, Rekayasa Perangkat Lunak, Universitas Klabat

Full Text:

PDF

References


Moedjahedy, J, 2016, Visi & Misi FIK UNKLAB, http://fik.unklab.ac.id/Tentang/visi_misi, diakses tgl 19 september 2016.

Hermawan, L. C, Hariadi, M, 2015, Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Informasi Kampus Menggunakan Brosur, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENTIKA) Yogyakarta, 28 Maret.

Rahmayani, I, 2017, Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia, https://www.kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media, diakses tgl 15 oktober 2017.

Rusnandi, E, Sujadi, H., Fibriyani, Eva, N, 2015, Implementasi Augmented Reality (AR) pada Pengembangan Media Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D untuk Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Infotech, vol 1, No.2, hal 24-31.

S T. Vaughan, 2011, Multimedia - Making it Work, Ed 8, McGraw-Hill Publication, New York.

Paliling, A, 2017, Katalog Penjualan Rumah Berbasis Android Menggunakan Teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality, Jurnal Teknologi Informasi(techno.com), vol 16, No.1, hal 35-46.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v17i2.1621

Article Metrics

Abstract view : 1234 times
PDF - 1170 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.