Media Informasi Brosur Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat menggunakan Augmented Reality Dalam Bentuk Video
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v17i2.1621Keywords:
Android, Augmented Reality, Marker Augmented Reality, Rekayasa Perangkat Lunak, Universitas KlabatAbstract
Media informasi cetak seperti brosur adalah sebuah wadah atau sarana yang berisi informasi lengkap yang menggambarkan suatu objek informasi. Dalam hal ini brosur umumnya memberikan informasi berupa text dan gambar dari objek informasi. Pada penelitian ini peneliti membuat sebuah media informasi brosur interaktif dimana brosur yang dibuat tidak hanya berupa informasi text dan gambar saja, namun menambahkan unsur multimedia lain seperti video dan audio. Dalam hal ini peneliti memanfaatkan teknologi yang sudah ada seperti teknologi Augmented Reality yang mampu menggabungkan objek objek maya dengan objek nyata. Dengan menggunakan teknologi augmented reality peneliti menerapkan objek maya dalam bentuk video, yang mana dalam penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat ke dalam objek nyata yaitu brosur di Fakultas Ilmu Komputer di Universitas Klabat. Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan metode rekayasa perangkat lunak. Penelitian ini menggunakan platform android sebagai landasan dari aplikasi yang menggunakan teknologi augmented reality ini. Sehingga penerapan brosur interaktif ini diharapkan dapat memberikan informasi yang jelas, bagi masyarakat dalam hal ini calon mahasiswa baru untuk bergabung dengan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat. Kata Kunci: Android, Augmented Reality, Marker Augmented Reality, Rekayasa Perangkat Lunak, Universitas Klabat.References
Moedjahedy, J, 2016, Visi & Misi FIK UNKLAB, http://fik.unklab.ac.id/Tentang/visi_misi, diakses tgl 19 september 2016.
Hermawan, L. C, Hariadi, M, 2015, Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Informasi Kampus Menggunakan Brosur, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENTIKA) Yogyakarta, 28 Maret.
Rahmayani, I, 2017, Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia, https://www.kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media, diakses tgl 15 oktober 2017.
Rusnandi, E, Sujadi, H., Fibriyani, Eva, N, 2015, Implementasi Augmented Reality (AR) pada Pengembangan Media Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D untuk Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Infotech, vol 1, No.2, hal 24-31.
S T. Vaughan, 2011, Multimedia - Making it Work, Ed 8, McGraw-Hill Publication, New York.
Paliling, A, 2017, Katalog Penjualan Rumah Berbasis Android Menggunakan Teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality, Jurnal Teknologi Informasi(techno.com), vol 16, No.1, hal 35-46.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
License Terms
All articles published in Techno.COM Journal are licensed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). This means:
1. Attribution
Readers and users are free to:
-
Share – Copy and redistribute the material in any medium or format.
-
Adapt – Remix, transform, and build upon the material.
As long as proper credit is given to the original work by citing the author(s) and the journal.
2. Non-Commercial Use
-
The material cannot be used for commercial purposes.
-
Commercial use includes selling the content, using it in commercial advertising, or integrating it into products/services for profit.
3. Rights of Authors
-
Authors retain copyright and grant Techno.COM Journal the right to publish the article.
-
Authors can distribute their work (e.g., in institutional repositories or personal websites) with proper acknowledgment of the journal.
4. No Additional Restrictions
-
The journal cannot apply legal terms or technological measures that restrict others from using the material in ways allowed by the license.
5. Disclaimer
-
The journal is not responsible for how the published content is used by third parties.
-
The opinions expressed in the articles are solely those of the authors.
For more details, visit the Creative Commons License Page:
? https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/