Keamanan Sms Gateway Nilai SMK Negeri Tugumulyo Menggunakan Algoritma RSA

Susanto Susanto

Abstract


Sms Gateway merupakan perangkat lunak yang menggunakan komputer dengan memanfaatkan teknologi seluler yang diintegrasikan untuk mendistribusikan pesan-pesan yang digenerate lewat sistem informasi melalui media sms dengan perantara jaringan seluler. Nilai yang dikirimkan melalui sms gateway ini merupakan nilai persemester yang dapat diakses oleh siswa dan orang tua. Untuk menjaga keamanan dan kerahasiaannya pesan nilai yang dikirimkan melalui sms dari penyadapan ataupun penggantian nilai oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, digunakanlah sebuah algoritma kriptografi asimetris Rives Shamir Adleman (RSA), algoritma ini berfungsi untuk mengenkripsi pesan sms nilai yang dikirimkan melalui sms dan mendekripsikan kembali pesan sms nilai yang diterima. Algoritma kriptografi asimetris Rives Shamir Adleman (RSA) merupakan algoritma kriptografi modern yang bekerja dengan cara memfaktorkan dua buah bilangan prima. Duah buah bilangan prima tersebut dijadikan sebagai kunci publik dan kunci privat, kunci publik dan kunci privat dari algoritma ini dimasukkan ke dalam sistem. Sistem informasi nilai dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan database MySql dan sms gateway dibangun menggunakan aplikasi gammu.  Berdasarkan hasil, pesan sms nilai yang dikirimkan melalui sms gateway dienkripsi menggunakan algoritma Rives Shamir Adleman (RSA) dan didekripsi kembali pada saat sms nilai diterima sehingga lebih terjamin keamanan dan kerasahasiaannya dari penyadapan ataupun penggantian nilai oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.


Keywords


keamanan, sms gateway, nilai, algoritma RSA

Full Text:

PDF

References


Sriyanto. 2014. “Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Berbasis Sms Gateway Untuk Memperbaiki Informasi Persediaan (Studi Kasus : Pt Indotirta Jaya Abadi Semarang).†Jurnal Simetris, vol. 5. no. 2, hal 143 – 152.

Meiyanto Heri Prasetyo, Asnawati dan Yode arliando. 2015. “Sistem Informasi Nilai Mahasiswa Berbasis Sms Gateway Pada Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu.†Jurnal Media Infotama, vol. 11. no. 1, hal 11 – 20.

Basri. 2016. “Kriptografi Simetris Dan Asimetris Dalam Perspektif Keamanan Data Dan Kompleksitas Komputasi.†Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, vol. 2. no. 2, hal 17 – 23.

Albert Ginting, R. Rizal Isnanto, Ike Pertiwi Windasari. 2015. “Implementasi Algoritma Kriptografi RSA untuk Enkripsi dan Dekripsi Email.†Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer (JTsiskom), vol. 3. no. 2, hal 253 – 258.

Muhammad Arief, Fitriyani, dan Nurul Ikhsan. 2015. “Kriptografi Rsa Pada Aplikasi File Transfer Client- Server Based.†Jurnal Ilmiah Teknologi Terapan, vol. 1. no. 3, hal 45 – 51.

Ashari arief dan Ragil Saputra. 2016. “Implementasi Kriptografi Kunci Publik dengan Algoritma RSA-CRT pada Aplikasi Instant Messaging.†Scientific Journal Of Informatic. vol. 3. no. 1, hal 46 - 54

Rosmala, Dewi, et al. 2012. â€Implementasi Aplikasi Website E-Commerce Batik Sunda Dengan Menggunakan Protokol Secure Socket Layer (Ssl).†Jurnal Informatika, vol. 3. no. 3, hal 58 – 67.

Novaliendry, Dony. 2011. â€Multimedia Pembelajaran Bahasa Mandarin Dan Website Promosi,†Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, vol. 3. no. 1, hal 122 - 139

Istri sulistiyowati. 2012. “Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Berbasis Sms Gateway Sebagai Media Informasi Absensi Siswa Di Smp Negeri 1 Tambak.†Jurnal Telematika, vol. 5. no. 1, hal 89 – 103

Manuaba, Ida Bagus Verry Hendrawan, et al. 2012. †Evaluasi Keamanan Akses Jaringan Komputer Nirkabel (Kasus : Kantor Pusat Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada).†J. Nas. Tek. Elektro Dan Teknol. Inf. JNTETI, vol. 1, no. 1, hal 13 – 17.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v17i1.1596

Article Metrics

Abstract view : 511 times
PDF - 423 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.