Sistem Identifikasi Jamur Menggunakan Metode Ekstraksi Ciri Statistik Orde 1 dan Klasifikasi Jarak

Sapriani Gustina, Abdul Fadlil, Rusydi Umar

Abstract


Sistem pengenalan identifikasi jamur berbasis komputer merupakan suatu proses memasukkan informasi berupa citra jamur ke dalam sebuah komputer. Selanjutnya komputer akan menerjemahkan serta mengidentifikasi jenis jamur tersebut. Pada penelitian ini telah dilakukan perancangan sistem identifikasi jamur dengan memanfaatkan kamera untuk akuisisi data pada citra jamur. Langkah yang dilakukan yaitu pemrosesan awal, ekstraksi ciri dan pengklasifikasan. Pengembangan sistem tahap pertama yang dilakukan adalah tahap penentuan pola standar referensi  dan tahap kedua yaitu pengujian. Data yang digunakan sebagai standar referensi sebanyak 3 sampel jamur dari 5 jenis jamur yang akan diteliti yaitu Jamur Kancing, Jamur Kuping, Jamur Merang, Jamur Lingzhi Kerang dan Jamur Tiram Merah. Sedangkan untuk pengujian unjuk  kerja sistem menggunakan 27 sampel untuk masing- masing jenis jamur. Pengujian unjuk kerja sistem dilakukan menggunakan metode klasifikasi jarak. Hasil pengujian untuk sistem identifikasi citra jamur menunjukkan tingkat akurasi yang tinggi sebesar 82% dengan metode ekstraksi ciri Statistik Orde 1 dan metode klasifikasi jarak.


Keywords


Identifikasi Jamur, Klasifikasi Jarak, Statistik Orde 1

Full Text:

PDF

References


Kartini Sinaga, Dewi. 2014. Implementasi Learning Vector Quantization (LVQ) Dalam mengenal Pertumbuhan Jamur. Skripsi. Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer. Universitas Komputer Indonesia.

Yuda Permadi dan Murito.2015.Aplikasi Pengolahan Citra Untuk Identifikasi Kematangan Mentimun Berdasarkan Tekstur Kulit Buah Mentimun Menggunakan Metode Ekstraksi Ciri Statistik. Jurnal Informatika. Vol 9, No.1. UAD.Yogyakarta

Abdul Fadlil.2012. Sistem pengenalan citra jenis-jenis tekstil. Jurnal Spektrum Industri. Vol 10, No 1. UAD.Yogyakarta.

Oky Dwi Nurhayati.2015.Sistem Analisis Tekstur Secara Statistik Orde Pertama Untuk

Mengenali Jenis Telur Ayam Biasa Dan Telur Ayam Omega-3. Jurnal Sistem Komputer,

Vol 5, No 2. UNDIP.

Nur Desmia Sari, Shinta dan Abdul Fadlil.2014. Sistem Identifikasi Citra Jahe (Zingiber Officinale) Menggunakan Metode Jarak Czekanowski. Jurnal Sarjana Teknik Informatika. Volume 2. Nomor 2. UAD. Yogyakarta.

Saifudin dan Abdul Fadlil.2015.Sistem Identifikasi Citra Kayu Berdasarkan Tekstur menggunakan Gray Level Coocurrence Matrix (GLCM) dengan Klasifikasi Jarak Euclidean. Jurnal Sarjana Teknik Informatika. Volome 19, No.3. UAD. Yogyakarta.

Wahyu Nugroho, Heru. 2011. Identifikasi Citra Kacang Dengan Menggunakan Metode Fungsi Jarak, Untuk Membandingkan Dua Metode Jarak Antar Metode Jarak Manhattan Dan Euclidean. Skripsi. MIPA.UAD.Yogyakarta.

Dian Permata Sari dan Abdul Fadlil.2014. Sistem Identifikasi Citra Rimpang Pada Tanaman Famili Zingiberaceae (Temu – Temuan) Menggunakan Metode Fungsi Jarak One Minus Correlation Coefficient. Jurnal Sarjana Teknik Informatika. Vol.2. No 2. UAD. Yogyakarta.

Devi Puspita Sari.2012. Identifikasi Citra Kunyit Dengan Metode Klasifikasi Minkowski Distace Family. Skripsi. Teknik Informatika.UAD.Yogyakarta.

Abdul Fadlil.2007. Perbandingan Pengklasifikasian Fungsi Jarak dan Jaringan Syaraf Tiruan pada Sistem Pengenalan Wajah. National Seminar on Information Technology Applications (SNATI). ISSN: 1907-5022.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v16i4.1490

Article Metrics

Abstract view : 2927 times
PDF - 2185 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.