Kajian Analisa Basis Data Sistem Informasi Eresearch pada STMIK STIKOM Bali

Ni Ketut Dewi Ari Jayanti

Abstract


STMIK STIKOM Bali yang lebih dikenal dengan STIKOM Bali merupakan salah satu Perguruan Tinggi swasta di Bali yang berbasiskan pada teknologi informasi. Jumlah dosen tetap yang bernaung dibawah tiga Program Studi sebanyak 165 Dosen. Untuk meningkatkan Mutu Pendidikan pada lingkup STIKOM Bali,  perlu dilakukan berbagai upaya pembinaan dan optmalisasi terhadap Dosen dalam melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Khusus untuk pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, STIKOM Bali memiliki sebuah unit kerja yaitu bagian P2M (Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) dalam pengelolaan proses pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam menyikapi perkembangan teknologi dan untuk mempermudah proses pengelolaan, bagian P2M mengembangkan sebuah sistem informasi yang dikenal dengan eresearch. Pada sistem eresearch tersimpan seluruh data penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh Dosen. Perkembangan teknologi basis data saat ini berlangsung sangat cepat. Jumlah data penelitian dan pengabdian yang diolah semakin hari juga semakin meningkat. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana melakukan analisa basis data yang dapat mempermudah pengolahan dan pengaturan basis data tersebut. Jumlah data yang masuk harus terintegrasi, tepat dan aktual. Data yang masuk tersebut harus diolah dan diatur sedemikian rupa sehingga memenuhi ketentuan untuk masuk ke basis data. Hal tersebut melatarbelakangi penelitian kajian analisa basis data. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah feasibility study. Hasil yang sudah diperoleh pada penelitian ini terdiri atas analisa terhadap proses yang sedang berjalan pada sistem eresearch, permasalahan yang ada serta usulan pemecahan masalah, perancangan basis data yang terdiri atas perancangan konseptual, logical, dan fisikal. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh pengembang sistem dalam mengolah serta mengatur basis data pada sistem informasi eresearch STMIK STIKOM Bali.


Kata kunci: Sistem Informasi, Basis Data, Studi Kelayakan


Full Text:

PDF

References


] forlap.dikti.go.id

] Connolly, T. (2002). Database Systems : A Practical Approach to Design, Implementation, and Management. (3rd edition). New York: Pearson Education.

] V.Post, G. (2002). Database Management Systems. New York: McGraw-Hill.

] Whitten. (2009). Systems analysis and design for the global enterprise. (7th edition). New York: McGraw-Hill.

] Marakas. (2006). Systems analysis and design : an active approach. New York: McGraw-Hill,

] Williams. (2007). Introduction Information Technology. New York: McGraw-Hill.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v16i2.1370

Article Metrics

Abstract view : 402 times
PDF - 866 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.