Penemu Jalur Optimal Untuk Rute Jalan Dengan New Bidirectional A* Di Semarang

Ardian Fajar Rahmanto, Wijanarto Wijanarto

Abstract


Lalulintas jalan merupakan masalah yang terjadi hampir di seluruh kota besar di dunia, terutama mengenai kemacetan. Untuk menangani permasalahan kmacetan dan menguraikanny merupakan tantangan tersendiri dan dengan alat bantu kemajuan teknoologi informasi dan system navigasi, nampaknya hal tersbut menjadi terobosan baru. Pencarian rute jalan sehingga didapatkan rute yang optimum diharapkan dapat membantu mengatasi dan mengurai kemacetan jalan, namun demikian seringkali juga menjadi bias  karena butuh waktu tempuh yang lebih lama. Sistem Informasi Geografis atau SIG merupakan salah satu sistem yang menunjang pengetahuan rute dari sebuah peta dan informasi suatu wilayah. Paper ini menyajikan solusi penemu atau pencari rute pada SIG dengan menerapkan teknik New Bidirectional A* atau NBA* pada SIG dapat melakukan komputasi penemu jalur optimal. Aplikasi yang dihasilkan dari teknik ini dapat menampilkan jalur optimal dari lokasi awal ke tujuan. Perbandingan hasil uji perjalanan secara langsung dengan komputasi yang di lakukan sebanyak 4 kali, teknik ini terbukti valid dan sinkron sebanyak 3 kali dan menghasilkan waktu tempuh optimal dengan nilai heuristic yang di tentukan secara statis. Kedepan penentuan fungsi heuristic secara statis perlu di buat dinamis sesuai dengan lokasi pencarian dari peta digital

Full Text:

PDF

References


Tim Williams, "Developing A Transdisciplinary Approach To Improve Urban Traffic Congestion Based On Product Ecosystem Theory", Vol. 191, P. 11, 2014.

Ashlesh Sharma, Lakshminarayanan Vipin Jain, "Road Trafï¬c Congestion In The Developing World," March 2012.

Luiz Chaimowicz, Luis Henrique, Oliveira Rios, "PNBA* : A Parallel Bidirectional Heuristic Search Algorithm," 2010.

Wendy Zhang And Theresa Beaubouef, "Geographic Information Systems: Real World Applications For Computer Science," Vol. 40, 2008.

Ega Julia Fajarsari, Kartini Halief, Nuryanto, Haryanto, And Dewi Agushinta, "Rancangan Sistem Informasi Geografis Pemilihan Jalan Alternatif Di Jakarta Berbasis Android ," February 2013.

Jan-Henrik Haunert And Benedikt Budig, "An Algorithm For Map Matching Given Incomplete Road Data," November 2012.

Wim Pijls And Henk Post, "Yet Another Bidirectional Algorithm For Shortest Paths", June 2009.

Stéphanie Vanhove And Veerle Fack, "Applications Of Graph Algorithms In GIS", November 2010.

K. Endro Sariyono And Muhammad Nursa'Ban, Kartografi Dasar. Yogyakarta, 2010.

Deny Wiria Nugraha, "Perancangan Sistem Informasi Geografis Menggunakan Peta Digital," Maret 2012.

Ferouw R. I. Ratu, Kaunang, And Arie S.M. Lumenta, "Peta Digital Kota Bitung," 2007.

Yongke Yoswara, "Penerapan Algoritma Simplified-Memory-Bounded A* Dan Algoritma Greedy-Best First Search Dalam Pencarian Lintasan Terpendek Dan Efisiensi Tarif Perjalanan Antar Kota ," 2011.

Rudy Adipranata, Andreas Handojo, And Happy Setiawan, "Aplikasi Pencari Rute Optimum Pada Peta Guna Meningkatkan Efisiensi Waktu Tempuh Pengguna Jalan Dengan Metode A* Dan Best First Search," Maret 2007.

Roger S. Pressman, Software Engineering ,7th Edition., 2010.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v16i2.1369

Article Metrics

Abstract view : 504 times
PDF - 487 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.