PERANCANGAN PEMBELAJARAN TRANSFORMASI UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS BERBASIS MULTIMEDIA

Sasono Wibowo

Abstract


Proses pembelajaran khususnya di dalam mata pelajaran matematika bagi sebagian siswa dianggap kurang menarik dan sulit terutama yang menyangkut tentang transformasi. Para siswa kurang bisa menangkap apa yang disampaikan oleh guru, karena ilustrasi penyampaian materi kurang bisa memberikan  gambaran  yang  jelas.  Untuk  itu  harus  ada  media  pembelajaran  yang  bisa membuat siswa tertarik dan dapat memahami dengan mudah. Pembuatan media pembelajaran animasi transformasi ruang dengan menggunakan Macromedia Flash 8 adalah salah satu  cara  yang  bisa  dilakukan.  Tujuan  dari  tulisan  ini  adalah  untuk  memungkinkan  siswa mudah  dan  tertarik  untuk  belajar  dan  memahami  mata  pelajaran  matematika khususnya  tentang transformasi tata ruang.  Rancangan program  bantu  belajar  ini  dibuat  menggunakan  model Waterfall  metode  desain  dan  system  analisis  rekayasa  perangkat  lunak  analisis  persyaratan, desain, program, pengujian dan pemeliharaan program untuk menambah pengetahuan tentang gambaran  bagaimana  transformasi ruang bayangan  dalam  bentuk  animasi  dan  soal latihan.

Kata Kunci: transformasi, pembelajaran, multimedia.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v15i2.1177

Article Metrics

Abstract view : 316 times
PDF - 315 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.