PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN HASIL PERTANIAN DI DESA CURUT KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN JAWA TENGAH

MG. Catur Yuantari, Arif Kurniadi, - Ngatindriatun

Abstract


Produktivitas pertanian yang tinggi akan menjadi sia-sia jika tidak sepenuhnya dapat diserap oleh pasar. Berbagai macam teknik penjualan yang ada sekarang ini dapat langsung terjual di pasaran, melalui katalog dan yang baru marak berkembang dengan menggunakan metode online. Semua sistem penjualan mempunyai keuntungan dan kelemahan masing-masing.Teknologi yang berkembang pesat menumbuhkan laju pertumbuhan ekonomi, sayangnya masih banyak yang belum menggunakan kemajuan teknologi terutama dibidang pemasaran hasil tanam. Penelitian ini akan mengkaji pemanfaatan teknologi informasi (internet) dalam meningkatkan pemasaran hasil pertanian. Lokasi penelitian di Desa Curut Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan merupakan salah satu sentra produk melon dan semangka dengan luas lahan pertanian 107 Ha dan  didapatkan sampel sebanyak 54 petani. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara dengan menggunakan kuesioner. Masih banyak petani di Desa Curut yang belum tahu internet serta belum dapat menggunakan untuk penjualan, hanya 9,26% yang dapat menggunakan internet. Sarana dan prasarana yang masih kurang dan buruk dapat menghambat proses terdistribusinya hasil/produk pertanian sehingga peningkatan perekonomian petani tetap rendah, sehingga angka kemiskinan tetap banyak di Indonesia.

Kata Kunci: Petani, internet, teknologi informasi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v15i1.1080

Article Metrics

Abstract view : 3947 times
PDF - 7824 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.