Analisis Tingkat Kapabilitas Sistem Informasi Layanan Pengaduan Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 5 DOMAIN APO (APO11) Pada LaporGub

Authors

  • Eli Martohap Sinaga Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  • Dwi Eko Waluyo Universitas Dian Nuswantoro Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33633/joins.v1i2.1308

Abstract

Sistem Layanan Pengaduan LaporGub produk yang digagas oleh Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah untuk mempermudah masyarakat Jawa Tengah dalam melakukan pengaduan terkait dengan kinerja atau pelayanan. Penelitian analisis kinerja sistem berfokus pada domain Align, Plan and Organize (APO11) pada framework COBIT 5. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sistem manajemen mutu, Tingkat Kapabilitas dan strategi perbaikan untuk peningkatan layanan dan penilaian kinerja IT. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi dokumen, kuesioner dan wawancara kemudian data tersebut diolah untuk mendapatkan nilai tingkat kapabilitas dan kesenjangan. Hasil yang diperoleh Capabality Level APO11 pada LaporGub kondisi saat ini adalah level 3 dengan nilai kematangan 2,79 (Established Process) dengan level yang ingin dicapai adalah level 4 (Predictable Process). Sehingga untuk menutupi kesenjangan (gap) yang terdapat pada LaporGub dapat melakukan rekomendasi yang diberikan untuk proses mencapai target level yang diinginkan.Kata Kunci : COBIT 5, Domain APO11, Sistem Manajemen Mutu, capability level, tingkat kesenjangan (gap).

Downloads

Published

2016-11-29

How to Cite

[1]
E. M. Sinaga and D. E. Waluyo, “Analisis Tingkat Kapabilitas Sistem Informasi Layanan Pengaduan Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 5 DOMAIN APO (APO11) Pada LaporGub”, Journal of Information System, vol. 1, no. 2, pp. 181–192, Nov. 2016.

Issue

Section

Articles