Tingkat Keterampilan Literasi Informasi Mahasiswa Berdasarkan Kerangka Shapiro di Era Digital

Authors

  • Yuventius Tyas Catur Pramudi Universitas Dian Nuswantoro
  • Edi Faisal Universitas Dian Nuswantoro
  • Gabriel T.Y. Darmesta Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/joins.v10i1.12934

Keywords:

literasi informasi, era digital, kerangka shapiro, berbasis proyek, berbasis kasus

Abstract

Perkembangan pesat teknologi digital telah mengubah cara mengakses dan menggunakan informasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat literasi informasi mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) berdasarkan kerangka Shapiro di era digital. Menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan kuesioner daring, data dikumpulkan dari 69 mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Literasi Informasi. Hasil menunjukkan 92,8% mahasiswa berada pada tingkat menengah, 5,8% tingkat tinggi, dan 1,4% tingkat rendah. Temuan mengindikasikan bahwa meskipun mahasiswa memiliki keterampilan pencarian informasi dasar, tetapi perlu peningkatan dalam evaluasi kritis dan penggunaan informasi secara etis. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran guna meningkatkan kompetensi literasi bagi mahasiswa. Penguatan mata kuliah Literasi Informasi sebaiknya mencakup pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning), penggunaan AI tools secara etis, dan latihan berpikir kritis berbasis kasus nyata (Case Based Learning).  

Author Biography

Yuventius Tyas Catur Pramudi, Universitas Dian Nuswantoro

Google Scholar: https://scholar.google.co.id/citations?user=WDP4S24AAAAJ&hl=id

References

Kemendikbudristek, “Literasi Membaca, Peringkat Indonesia di PISA 2022,” Lap. Pisa Kemendikbudristek, pp. 1–25, 2023.

OECD 2023, “PISA PISA 2022 Results Malaysia,” J. Pendidik., p. 10, 2022, [Online]. Available: https://www.oecd.org/publication/pisa-2022-results/country-notes/malaysia-1dbe2061/

E. Fatmawati and E. Safitri, “Kemampuan Literasi Informasi Dan Teknologi Mahasiswa Calon Guru Menghadapi Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0,” Edukasi J. Pendidik., vol. 18, no. 2, p. 214, 2020, doi: 10.31571/edukasi.v18i2.1863.

KOMINFO, “Siaran Pers No. 02/HM/KOMINFO/01/2024 tentang Hingga Akhir Tahun 2023, Kominfo Tangani 12.547 Isu Hoaks,” Selasa, 2 Januari 2024, 2024. https://www.komdigi.go.id/berita/pengumuman/detail/siaran-pers-no-02-hm-kominfo-01-2024-tentang-hingga-akhir-tahun-2023-kominfo-tangani-12-547-isu-hoaks

B. J. J. S. and S. K. Hughes, “Information Literacy as a Liberal Art Enlightenment proposals for a new curriculum,” Educom Review Volume 31, Number 2, 1996. https://www.educause.edu/apps/er/review/reviewArticles/31231.html

M. Khalid, “Do people overestimate their information literacy skills? A systematic review of empirical evidence on the Dunning-Kruger effect,” Commun. Inf. Lit., vol. 10, no. 2, pp. 199–213, 2016.

E. H. Georgia Wignall, “School-research partnerships – plagiarism and student use of AI tools,” teachermagazine, 2024. https://www.teachermagazine.com/au_en/articles/school-research-partnerships-plagiarism-and-student-use-of-ai-tools

A. Fami, I. Rasita Gloria Barus, and B. Wahyoedi, “Project-Based Learning as a Catalyst for Promoting Digital Literacy: A Case Study of Software Engineering Technology Students,” E3S Web Conf., vol. 454, 2023, doi: 10.1051/e3sconf/202345403012.

M. Avram, N. Micallef, S. Patil, and F. Menczer, “Exposure to social engagement metrics increases vulnerability to misinformation,” Harvard Kennedy Sch. Misinformation Rev., vol. 1, no. 5, pp. 1–9, 2020, doi: 10.37016/mr-2020-033.

P. B. Thomas, C. Hogan-Taylor, M. Yankoski, and T. Weninger, “Pilot study suggests online media literacy programming reduces belief in false news in Indonesia,” First Monday, vol. 27, no. 1, pp. 1–13, 2022, doi: 10.5210/fm.v27i1.11683.

A. Head and M. B. Eisenberg, “How College Students Evaluate and Use Information in the Digital Age,” Proj. Inf. Lit. Prog. Rep. “Truth Be Told,” pp. 1–72, 2010, [Online]. Available: http://projectinfolit.org/pdfs/PIL_Fall2010_Survey_FullReport1.pdf

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

[1]
Y. T. C. Pramudi, E. . Faisal, and G. T. Darmesta, “Tingkat Keterampilan Literasi Informasi Mahasiswa Berdasarkan Kerangka Shapiro di Era Digital ”, Journal of Information System, vol. 10, no. 1, pp. 81–96, Jun. 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.