STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR KEGIATAN PERJAMUAN PADA DIVISI BANQUET DI SALAH SATU HOTEL BINTANG LIMA DI SOLO PADA MASA PANDEMI
Authors
Safira Tiara Sukma
Universitas Dian Nuswantoro
Izza Ulumuddin Ahmad Asshofi
Universitas Dian Nuswantoro
Abstract
Pada masa pandemi Covid-19 sekarang ini, membuat beberapa perusahaan kesulitan untuk menjalankan kegiatan operasionalnya, terutama pada sektor pariwisata dan perhotelan. Banyak sekali hotel yang mengupayakan segala cara agar tetap bertahan dengan menjaga agar kegiatan operasionalnya dapat berjalan dengan baik. Seperti halnya dalam mengubah Standar Operasional Prosedur agar lebih sesuai dengan keadaan pada masa pandemi dengan mengikuti arahan dari pemerintah, terutama dalam penerapan protokol kesehatan. Begitu pula dengan Hotel Alila Solo yang telah memperbaharui dan menerapkan Standar Operasional Prosedur pada kegiatan perjamuan di banquet yang selain untuk mematuhi anjuran dan aturan dari pemerintah, juga bertujuan untuk menyelamatkan keberadaan hotel pada masa pandemi. Oleh karena itu, penulis mendeskripsikan Standar Operasional Prosedur kegiatan perjamuan pada banquet di Hotel Alila Solo pada masa pandemi dan juga dalam bagaimana penerapannya. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif, serta dalam teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, studi pustaka, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa Hotel Alila Solo sudah baik dalam menerapkan Standar Operasional Prosedur kegiatan perjamuan di banquet pada masa pandemi ini. Hal tersebut didukung dengan adanya Sumber Daya Manusia yang profesional dan juga fasilitas- fasilitas yang memadai serta dari hasil sertifikasi Clean, Health, Safety and Environment (CHSE) dari Kemenparekraf di mana hal-hal tersebut mendukung dalam penerapan protokol kesehatan. Dengan hal ini menjadi penanda bahwa Hotel Alila Solo aman dikunjungi, sekaligus untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat, yang akhirnya akan memutar kembali roda perekonomian.