DAMPAK PANDEMI TERHADAP LITERASI DI KHALAYAK SMA/SMK SEDERAJAT
Authors
Siti Dewi Sholehah
Abstract
Menulis adalah salah satu cara untuk mengekspresikan diri guna meningkatkan kreativitas seseorang, dan dapat meningkatkan minat literasi saat pandemi. Kondisi saat ini menuntut semua kalangan untuk melakukan aktivitas secara online khususnya untuk siswa/i Sma/Smk sederajat, tanpa dipungkiri selama dirumah saja,dapat mengakibatkan kebosanan. “Dampak Pandemi Terhadap Literasi Di Khalayak SMA/SMK Sederajat” adalah langkah awal dalam penelitian guna mengatasi rasa bosan sehingga hal tersebut mampu memberikan effort bagi responden dan peneliti, selain itu meningkatkan pengetahuan dan menambah wawasan secara luas. Metode yang dipakai adalah metode kualitatif dan deskriptif, dengan cara melakukan survey penelitian kepada responden melalui kuesioner. Data menunjukkan bahwa kegiatan selama pandemi ini memang sangat membosankan, disisi lain terdapat kekhawatiran akan hal tersebut, hingga akhirnya penelitian ini dibuat untuk menjawab permasalahan tersebut dan mampu memberikan dampak positif adanya Pandemi terhadap Literasi Di Khalayak SMA/SMK sederajat. Kegelisahan yang dirasakan seseorang dapat dituangkan secara utuh dan mampu mengoptimalkan minat baca tulis karya sastra saat pandemi untuk SMA/SMK sederajat, tanpa menghiraukan penyebab dari kecemasan tersebut. Terdapat kemungkinan dari sampel bahwa responden mampu meningkatkan minat baca tulisnya karena hal tersebut merupakan salah satu hobi dari responden. Oleh sebab itu, dapat didefinisikan hal ini sangat penting. Hasil yang diperoleh peneliti adalah mampu memberikan inovasi baru dalam berkarya,seperti halnya memberikan ruang kreasi sastra untuk responden, melakukan pendekatan virtual dengan responden. Terdapat berbagai tujuan selain hal tersebut diantaranya mampu memberikan dedikasinya kepada responden, melalui sosialisasi online, dan memberikan kebebasan dalam literasi sesuai dengan tema yang dipilih.