MENINGKATKAN KUALITAS PENGALAMAN WISATAWAN DENGAN PELAYANAN KEPEMANDUAN DAN PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN DI DESA WISATA NGLANGGERAN – STUDI PENDAHULUAN
Abstract
Pengalaman wisatawan merupakan hal yang harus dikelola dengan baik oleh pengelola destinasi wisata guna mewujudkan pengalaman wisata yang berkualitas. Pelayanan kepemanduan wisata dan penerapan protokol kesehatan Clean Hygiene Safety Enviroment (CHSE) diduga merupakan faktor yang turut berperan dalam membentuk pengalaman berwisata berkualitas di tengah kondisi pandemi covid-19 ini. Oleh karena itu, peneltian ini akan membahas sejauh mana pelayanan kepemanduan dan penerapan protokol kesehatan CHSE dalam membentuk kualitas pengalaman wisatawan dalam berwisata di sebuah destinasi. Desa Wisata Nglanggeran dipilih menjadi lokasi penelitian dengan mempertimbangkan bahwa Desa Wisata Nglanggeran merupakan salah satu desa wisata dengan tata kelola pariwisata yang telah maju. Penelitian dilkakukan pada bulan Desember 2020 sampai Januari 2021. Metode penelitian yang dipilih merupakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal analisis regresi linear berganda. Lokasi penelitian di Desa Wisata Nglanggeran. Studi ini diharapkan dapat menjadi wawasan baru bagi pengelola destinasi wisata guna meningkatkan kualitas pengalaman wisatawan melalui pendekatan pelayanan prima dalam kepemanduan wisata dan penerapan protokol kesehatan CHSE.References
Anggraeni, R. (2017). Perilaku Pemandu Wisata Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pt. Narasindo Tour And Travel. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/6123.
Bascha, U. F., Reindrawati, D. Y., Witaningrum, A. M., & Sumardiko, D. S. (2020). Dampak Pandemi CHSE Terhadap Minat Masyarakat dalam Berwisata dan Sosialisasi Penerapan Protokol New Normal Saat Berwisata. Jurnal Abdimas, 1(6), 560-570. https://www.abdidas.org/index.php/abdidas/article/view/129.
Cahyawati, L. R. (2017). IMPLEMENTASI PELAYANAN PRIMA. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 67-74.
Hair Jr, J. F., Anderson, R. E., Tatham, R. L., & William, C. (1995). Multivariate Data Analysis. New York: Macmillan.
Hermawan, H. (2018). Metode Kuantitatif untuk Riset Pariwisata. Yogyakarta.
Hermawan, H. (2020). Meningkatkan Kompentensi Pengelola Wisata Desa melalui Penyuluhan Pelayanan Prima. Jurnal Abdimas Pariwisata, 1(1).
https://amptajurnal.ac.id/index.php/JAP/article/view/283.
Ioannis S Pantelidis (2014). The Routledge Handbook of Hospitality Management. Routledge : Taylor Francis Group.
J. Damanik. (2013). Pariwisata Indonesia Antara Peluang Dan Tantangan. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2020b). Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Dampak Pandemi CHSE Terhadap Minat Masyarakat dalam Berwisata dan Sosialisasi Penerapan Protokol New Normal Saat Berwisata
Lin, C. H., & Kuo, B. Z. L. (2016). The behavioral consequences of tourist experience. Tourism Management Perspectives, 18, 84-91. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S2211973615300222.
Muhammad, J. (2017). Teknik Pemanduan Wisata. Perpustakaan Nasional : Katalog Dalam Terbitan (KDT)
Pratiwi, R., Rama, R., & Sulistiyanti, N. (2020). Building the Trust for The Tourism Destination Resiliency in New Normal Society (The Role Of Wellness Tourism System). IKRA-ITH Humaniora: Jurnal Sosial dan Humaniora, 5(1), 1-9. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Pratiwi%2C+R.%2C+Ram a%2C+R.%2C+%26+Sulistiyanti%2C+N.+%282020%29.+Building+the+Trust+for+The
+Tourism+Destination+Resiliency+in+New+Normal+Society+%28The+Role+Of+Wellness+Tourism+System%29.+IKRA- ITH+Humaniora%3A+Jurnal+Sosial+dan+Humaniora%2C+5%281%29%2C+1- 9.&btnG= .
Pujiastuti, E. E. (2020). Pengaruh Pengalaman Wisatawan Terhadap Kepuasan Dan Kepercayaan Serta Niat Berkunjung Kembali. Dialektika: Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, 5(2). http://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/dialektika/article/view/465.
Pujiastuti, E. E. (2017). Pengaruh Citra Destinasi Dan Pengalaman Wisatawan Terhadap Novelty Seeking, Kepuasan, Kepercayaan Dan Niat Berperilaku (Studi Pada Wisatawan Desa Wisata Di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2016) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya). http://repository.ub.ac.id/9174/.
Purwaningsih, R. M. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pemandu Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan di Candi Prambanan Tinjauan Khusus Pada Kemampuan Berbahasa Verbal. Jurnal Nasional Pariwisata, 5(3), 146-153. https://journal.ugm.ac.id/tourism_pariwisata/article/view/6688.
Santosa. (2016). Statistika Hospitalitas. Yogyakarta: Deepublish.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (14th ed.). Bandung: Alfabeta.
Suprihatin, W. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Wisatawan Era Pandemi CHSE (Studi Kasus Pariwisata di Nusa Tenggara Barat). BESTARI, 1(1), 56-66. https://jurnalbestari.ntbprov.go.id/index.php/bestari1/article/view/9.