Literasi Sains Kura-Kura dengan Realitas Tertambah untuk Siswa Sekolah Dasar

Endina Putri Purwandari, Endang Widi Winarni

Abstract


Kura-kura merupakan hewan yang sangat rentan mengalami kepunahan. Penelitian ini membangun aplikasi realitas bertambah untuk objek kura-kura sebagai materi literasi sains untuk siswa sekolah dasar.  Aplikasi telah dibangun menggunakan perangkat lunak Unity 3D dengan bahasa pemprograman C#, dan Vuforia. Melalui pembelajaran dengan menggunakan Realitas Tertambah untuk pelajaran sains pengenalan bentuk kura-kura ini dapat menjadi salah satu solusi literasi sains pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini telah menghasilkan sebuah aplikasi Realitas Tertambah Kura-kura berbasis Android menggunakan metode Marker Based Tracking yang sudah diunggah ke Google Playstore sehingga dapat digunakan masyarakat luas secara gratis. Melalui aplikasi ini guru dapat mengimplementasikan pembelajaran yang berorientasi pada siswa, dan siswa dapat aktif menggunakan program realitas tertambah sebagai literasi sains untuk lebih memahami dan mengaplikasikan konsep kura-kura yang telah dipelajari tanpa perlu membawa objek kura-kura yang asli kedalam ruangan kelas.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 245 times
PDF - 443 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNASTIK 2019 diselenggarakan oleh : 

 Â