Association Role Mining pada Moodle dengan menggunakan Algoritma Apriori: Studi Kasus Nilai UN IPA

Jeems Terri A. S, Nurul Hidayati, Yulia W

Abstract


Asa bisa karena biasa merupakan kearifan lokal yang mempunyai kekuatan besar. Rendahnya index posisi Indonesia pada PISA untuk materi Science menjadi masalah yang perlu dipecahkan bersama, lemahnya pemahaman sains tidak hanya terjadi pada tingkat SMP/SMA tetapi hingga pada perguruan tinggi. Pada penelitian kali ini di kelas 9 dengan jumlah siswa 44 orang Moodle sebagai media Flipped Learning. Beberapa riset menyatakan bahwa teknologi mampu menggesar perilaku masyarakat. Berangkat dari asumsi yang sama kami menerapkan flipped learning pada proses mastery learning siswa kelas 9 yang harus menghadapi ujian akhir nasional. Model bimbel kuno dimana guru membahas semua soal dari buku latihan persiapan ujian tidak dimanfaatkan sepenuhnya melainkan menerapkan metode Flipped, dimana guru hanya membahas materi-materi kurang dikuasai murid dengan harapan secara kognitif terdapat perubahan informasi dan mempercepat proses mastery learning. Hasil yang diperoleh terdapat kesesuaian dari nilai pada latihan dengan perlolehan nilai ujian akhir nasional 2019. Diluar ekspektasi kami, selama 6 bulan menerapkan flipped learning pada mapel ujian nasional menaikkan perlolehan nilai rata-rata sekolah.Dengan menggunakan Algoritma Apriori kami melakukan role mining untuk melihat kesesuaian relasi antar atribut.

Kata kunci— Educational data Science, Flipped Learning, Moodle, Algoritma Predictive Apriori


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

M. L. Gogan, "Aspect Concerning the use of MOODLE platfom : Case Study," in international Conference Interdiciplinarity in Engeering, romania, 2014.

S. V. Cristobal Romero, "Educational Data Science in Massive Open Online Courses," Wiley Interdisciplinary Reviews: Data Mining and Knowledge Discover, Cordoba , 2017.

M.-C. Liu, "The use of data science for education: The case of social-emotional learning," in Smart Learning Environments: volume 4, SpringerOpen, 2017, p. 1.

A. Bovo, "Analysis of students clustering results based on Moodle log data," in 6th International Conference on Educational Data Mining - EDM 2013; pp. 306-307, Tennessee, United States, 2013.

I. Dimopoulos, "Using Learning Analytics in Moodle for assessing students’ performance," in 2nd Moodle Research Conference ; pg. 40 , Sousse, Tunisia, 2013.

C. Limongelli, "Conï¬guration of Personalized e-Learning Courses in Moodle," in EUROCON 2007 The International Conference on “Computer as a Tool†, Warsaw, 2007.

G. J. Hwang, "A computer-assisted approach to diagnosing student learning problems in science courses.," in Journal of Information Science and Engineering, 19(2), 229-248., 2003.

A. A. Ramli, "Web usage mining using apriori algorithm: UUM learning care portal case," in International Conference on Knowledge Management, Malaysia, 2005.

G. A, "A GUIDE FOR ASSOCIATION RULE MINING IN MOODLE COURSE MANAGEMENT SYSTEM," in INTERNATIONAL SCIENTIFIC CONFERENCE ON ICT AND E-BUSINESS RELATED RESEARCH, Serbia, 2016.

P. Barg, "From Teaching, Learning to Assessment: MOODLE experience at B’School in India," in Symbiosis Institute of Management Studies Annual Research Conference (SIMSARC13), 2014.


Article Metrics

Abstract view : 215 times
PDF - 341 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNASTIK 2019 diselenggarakan oleh : 

 Â