Sistem Informasi Manajemen Kendali Inventaris (Studi Kasus Organisasi Mahasiswa)

YONATAN WIDIANTO

Abstract


Revolusi industri 4.0 sedang melanda hampir semua bidang usaha dengan penerapan teknologi informasi untuk mengurangi jarak panjang, waktu dan tempat terbatas, menjadi pendek dan tidak terbatas waktu dan tempat. Hal ini dirasakan pentingnya ketersediaan sebuah sistem informasi berbasis daring untuk menangani organisasi pada bidang kemahasiswaan di kampus. Di mana keberadaan antar penggunanya memiliki tingkat aktivitas yang tinggi, yaitu kuliah dengan perbedaan angkatan pada masing-masing program studi dengan kegiatan yang bervariasi dan jadwal yang berdekatan satu dengan yang lain. Sistem inventarisasi memiliki proses di dalamnya, yaitu pemeriksaan, perawatan, dan sirkulasi inventaris yang dimiliki. Penyingkatan waktu, jarak, dan pembebasan tempat ini berdampak pada keakuratan dan akuisisi informasi oleh berbagai macam penggunanya. Adapun langkah-langkah dalam membangun sistem informasi manajemen kendali inventaris adalah observasi, wawancara, studi literatur, analisa sistem, perancangan sistem, penerapan, dan pemantauan serta evaluasi. Adapun hasil daripada sistem informasi manajemen kendali inventaris ini dapat mengendalikan sirkulasi, pemeliharaan, dan rekapitulasi inventaris. Adapun penerapan sistem informasi manajemen kendali inventaris membawa hasil kepuasan dari penggunanya yang terhitung dengan menggunakan skala Likert, yaitu merasakan manfaat yang baik sekali daripada sistem informasi ini.


Full Text:

PDF

References


Wibowo, Rocky Aji, Sistem Informasi Persediaan Keluar Masuk Barang pada Inside Distro Jakarta

http://ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/829

Purnama, Vichi Chandra, Hasan, Noor Hasan, Perancangan Sistem Informasi Inventori Darah Berbasis Web Pada Palang Merah Indonesia Cabang Bantul, AMIK BSI Yogyakarta

https://ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/1294

Heru Supriyono, A. S. (2016), Penerapan Teknologi Web Sekolah Bagi SMP dan SMA, Muhammadiyah Kartasura. 39 - 52

http://journals.ums.ac.id/index.php/warta/article/download/1983/1388

Noviyanto, 1. M. (2013). Pemanfaatan Google Maps Api Untuk Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Bantuan Logistik Pasca Bencana Alam Berbasis Mobile Web. Jurnal Sarjana Teknik Informatika , 162 - 171.

http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF/article/view/2521

Upadhyay, A. S. (2016). Waterfall vs Prototype : Comparative Study of SDLC. Imperial Journal Of Interdiciplinary Research (IJIR), 1012 - 1015.

http://www.imperialjournals.com/index.php/IJIR/article/view/958


Article Metrics

Abstract view : 349 times
PDF - 377 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNASTIK 2019 diselenggarakan oleh : 

 Â