Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Monitoring Siswa PKL pada SMK Permata Harapan
DOI:
https://doi.org/10.33633/joins.v8i2.9233Keywords:
Praktek Kerja Lapangan, Sistem Informasi Monitoring, Aplikasi Web, WaterfallAbstract
SMK Permata Harapan merupakan sebuah sekolah menengah kejuruan yang terdapat di Kota Batam, Sebagaimana sebuah sekolah kejuruan, pastinya memiliki kurikulum Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang merupakan sebuah kegiatan pembelajaran siswa yang dilaksanakan pada dunia industri. Setiap kegiatan PKL harusnya dapat dikotrol dan dimmonitoring oleh pihak sekolah dan industry, agar semuanya berjalan lancer serta sesuai dengan kurikulum yang ditetukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah aplikasi yang mampu melakukan monitoring terhadap kegiatan PKL yang dilaksanakan oleh SMK Permata Harapan. Metode perancangan sistem pada penelitian ini adalah metode waterfall yang dirasa sangat cocok digunakan dalam perancangan sebuah aplikasi, sebab metodenya yang teratur dan berurut sehingga dapat mempermulah dalam pengaplikasian pembuatan program. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam penelitian ini adalah PHP dengan framework CodeIgniter 4 dan databasenya MYSQL. Setelah aplikasi dirancang dan diimplementasikan dilakukan BlackBox testing dan semua modul yang dirancang mulai dari cara masuk ke sistem, manajemen user, manajemen kebutuhan user dan pelaporan kinerja user berjalan sesuai dengan yang diharapkan.References
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 50 Tahun 2020 tentang Praktik Kerja Lapangan bagi Peserta Didik. Indonesia, 2020.
Pemerintah pusat indonesia, Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Indonesia, 2003.
M. Ilmi and Hariselmi, “Perancangan Sistem Informasi Penjadwalan Sistem Blok Berbasis Web Pada Smk Permataharapan,” vol. 9, 2021, doi: https://doi.org/10.47024/js.v9i2.246.
M. Ilmi and K. Rukun, “Evaluation of the Block System Implementation at Permata Harapan Vocational High School,” Journal of Educational Research and Evaluation, vol. 4, no. P-ISSN: 2597-422x E-ISSN: 2549-2675, pp. 133–142, 2020.
Abdul Kadir, Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi, 2014.
George R. Tery (2006), Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Annisa Nur Ashila and Taufiqul Rahman Al Faritsi, “Pemilihan Minat Bakat Oleh Siswa Sebagai Penunjang Revolusi Industri 4.0 : Untuk Masuk Ke Jenjang Perguruan Tinggi,” Conference Series Journal, vol. 01, 2021.
Miftahul Ilmi and Robert Situmorang, “Perancangan Sistem Informasi Pemilihan Ketua OSIS Menggunakan Code Igniter 4 Pada SMK Permata Harapan,” Jurnal Teknologi Informasi (JURTI), vol. 7, pp. 60–66, Jun. 2023.
M. Ilmi and Hariselmi, “Perancangan Sistem Informasi Penjadwalan Sistem Blok Berbasis Web Pada Smk Permataharapan,” vol. 9, 2021, doi: https://doi.org/10.47024/js.v9i2.246.
R. A. Sukamto and M. Salahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2016.
M. Muthahhari, A. Perwitasari, and F. E. Pasaribu, “Perancangan Sistem Informasi Monitoring Praktik Kerja Lapangan di SUPM Pontianak,” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (Justin), vol. 9, no. 4, p. 414, Oct. 2021, doi: 10.26418/justin.v9i4.49645.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.