Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Menggunakan Metode Profile Matching di SMAN 4 Bangkalan
DOI:
https://doi.org/10.33633/joins.v8i2.8879Keywords:
Pemilihan Jurusan SMA, Sistem Pendukung Keputusn, Profile Matching, WaterfallAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang membantu siswa-siswi SMA Negeri 4 Bangkalan dalam memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan potensi mereka. Dalam pengembangan SPK ini, peneliti menggunakan dua metode yang berbeda, yaitu metode Waterfall untuk pembangunan website dan metode Profile matching dalam pembangunan algoritma untuk menganalisis profil siswa. Metode Waterfall digunakan sebagai pendekatan linear dan sekuensial dalam pembangunan website, meliputi tahap analisis kebutuhan, desain, implementasi, dan pengujian. Website ini berfungsi sebagai platform utama dalam sistem pendukung keputusan. Sementara itu, metode Profile matching digunakan untuk mencocokkan profil siswa dengan kriteria tertentu guna memberikan rekomendasi jurusan yang sesuai. Data profil siswa yang mencakup minat bakat, prestasi akademik, dan aspek lainnya diintegrasikan dalam proses analisis untuk menentukan jurusan yang paling sesuai bagi masing-masing siswa. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan memiliki akurasi 100% untuk semua skenario pengujian. Hal ini menandakan bahwa sistem memberikan rekomendasi jurusan dengan tingkat akurasi yang tinggi dan konsisten sesuai dengan data siswa. Uji coba pengguna juga menunjukkan respon positif dari pihak administrasi SMAN 4 Bangkalan terhadap sistem yang dibangun dengan hasil rata-rata 94,75%.References
Z. Sesmiarni, “Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia (JPION) Volume1, Number 1, Year 2022,” 2022. [Online].
Available: https://jpion.org/index.php/jpi29https://jpion.org/index.php/jpi
K. Akademik Badan Standar, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, dan Teknologi Republik Indonesia Edisi, “Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran”.
M. F. Zatrahadi, Neviyarn, Y. Karneli, and Netrawati, “Pengaruh Penggunaan Konseling Kelompok Trait and FactorTerhadap Ketepatan Pemilihan Jurusan Siswa,” J. Inov. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 2, pp. 141–149, 2021.
T. Limbong et al., Sistem Pendukung Keputusan: Metode & Implementasi, 1st ed. Yayasan Kita Menulis, 2020. [Online].
Available: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=6FnYDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=Sistem+Pendukung+Keputusan:+Metode+%26+Implementasi&ots=XeOVezPIhM&sig=08fasvUwPW3hwZYS2aSIvKe0ego&redir_esc=y#v=onepage&q=Sistem Pendukung Keputusan%3A Metode %26 Implementasi&f=
H. Triana, A. Rahim, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Jurusan Pada Sma Negeri 6 Menggunakan Profile Matching,” 2020.
A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November, pp. 1–5, 2020.
A. Rosidi and H. Sismoro, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Program Studi Di Perguruan Tinggi,” pp. 1–6, 2017.
F. Supandi, W. Desta P, Y. Ambar S, and M. Sudir, “Analisis Resiko Pada Pengembangan Perangkat Lunak Yang Menggunakan Metode Waterfall Dan Prototyping,” Pros. Semin. Nas. Din. Inform. 2018 (SENADI 2018), vol. 2, no. 1, pp. 83–86, 2019, [Online]. Available: http://prosiding.senadi.upy.ac.id/index.php/senadi/article/view/86
K. A. Khairan and H. Ahmadian, “Penerapan Algoritma Knuth-Morris-Pratt Pada Fitur Pencarian Definisi Istilah Standar Operasional Prosedur (SOP) Pada Lembaga Penjaminan Mutu Uin Ar-Raniry,” Cybersp. J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 3, no. 1, p. 26, 2019, doi: 10.22373/cj.v3i1.4723.
R. Parlika, T. A. Nisaa, S. M. Ningrum, and B. A. Haque, “Studi Literatur Kekurangan dan Kelebihan Pengujian Black Box,” J. Teknomatika, vol. 10, no. 2, pp. 131–140, 2020, [Online]. Available: http://ojs.palcomtech.com/index.php/teknomatika/article/view/490
Ningrum, F. S. Cahya, D. Aryanti, S. Prasetya, H. Angga, and A. Saifudin, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 4, no. 4, pp. 125–130, 2019, [Online]. Available: https://pdfs.semanticscholar.org/25e2/3464a4ef9ceb4b118f2ec00f396f7271149e.pdf
S. F. Ramadhan, N. Hidayat, and Suprapto, “Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Pemberian Usaha Kredit Mikro (UKM) dengan Metode AHP-SAW (Study Kasus: PD. BPR Bojonegoro),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 8, pp. 2620–2627, 2018, [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1870/708
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif. Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), 2019.
A. R. Harischandra, F. A. M. Pratama, Felix, and A. P. Laia, “Aplikasi Pendukung Desain Interior dengan Sistem Rekomendasi Berdasarkan Nama Brand Perabot Menggunakan Algoritma Content-Based Filtering Berbasis Web.,” J. SIFO M, vol. 23, no. 1, 2022.
S. Masripah and L. Ramayanti, “Penerapan Pengujian Alpha dan Beta Pada Aplikasi Penerimaan Siswa Baru,” J. Swabumi, vol. 8, no. 1, 2020, [Online]. Available: https://scholar.archive.org/work/4k4uswysxfcm3fa7y57l3fc7mu/access/wayback/https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/swabumi/article/download/7448/pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.