Perbandingan Hasil Analisis Clustering Metode K-Means, DBSCAN Dan Hierarchical Pada Data Marketplace Electronic Phone

Authors

  • Ifatus Sufairoh Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Aulia Cahya Rani Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Khofifah Amalia Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Dwi Rolliawati Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33633/joins.v8i1.8016

Keywords:

marketplace, clustering, k-means, dbscan, hierarchical

Abstract

Persaingan yang ketat terjadi di bidang penjualan, salah satunya pada electronic marketplace (e-marketplace). Pada setiap e-marketplace tentu memiliki data penjualan sehari-hari yang semakin lama, data akan bertambah. Bukan hanya digunakan untuk dokumen perusahaan, tetapi juga bisa digunakan serta dikelola sehingga menghasilkan suatu informasi yang bermanfaat dalam meningkatkan promosi dan penjualan produk jika diolah dengan baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengolah data e-marketplace dengan cara clustering dan membandingkan hasil yang diperoleh dari setiap model clustering yang dipakai. Model clustering tersebut adalah K-Means, DBSCAN, dan Hierarchical. Hasil yang didapatkan yaitu dari ketiga metode clustering yang digunakan didapat model terbaik yaitu Hierarchical dengan jumlah cluster 2 dari silhouette sebesar 0.944473.  Dari hasil tersebut dapat diketahui pengelompokan penjualan handphone dengan merk terbanyak dan hasil clustering dapat menjadi perbandingan metode yang paling optimal. 

References

U. D. Soer and B. K. L. Batu, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Prediksi Penjualan Produk Packaging Di PT. Printec Perkasa II,” vol. 9, no. 3, 2019.

F. P. A. Hasibuan, S. Sumarno, and I. Parlina, “Penerapan K-Means pada Pengelompokan Penjualan Produk Smartphone,” SATESI J. Sains Teknol. Dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 15–20, Sep. 2021, doi: 10.54259/satesi.v1i1.3.

L. A. Suryanita and P. K. Arieska, “Analisis Cluster Persepsi Konsumen Terhadap Produk Handphone Untuk Menentukan Strategi Promosi Penjualan Di ZICOMS,” J Stat. J. Ilm. Teori Dan Apl. Stat., vol. 8, no. 1, Dec. 2015, doi: 10.36456/jstat.vol8.no1.a309.

I. Nuryani and D. Darwis, “Analisis Clustering Pada Pengguna Brand HP Menggunakan Metode K-MEANS,” vol. 1, no. 1, 2021.

P. A. Rahayuningsih and R. Maulana, “Analisis Perbandingan Algoritma Klasifikasi Data Mining Untuk Dataset Blogger Dengan Rapid Miner,” vol. 6, no. 1, 2018.

M. A. Senubekti and L. A. Puspita Dewi, “Prinsip Klasifikasi Dan Data Mining Dengan Algoritma C4.5,” NUANSA Inform., vol. 16, no. 2, pp. 87–93, Jul. 2022, doi: 10.25134/nuansa.v16i2.5834.

A. A. Herlambang, M. A. Murti, and C. Setianingsih, “Pengelompokkan Data Penggunaan Energi Listrik Menggunakan Algoritma Mini Batch K-Meansclustering,” vol. 9, no. 5, 2022.

P. Silitonga and I. S. Morina, “Klusterisasi Pola Penyebaran Penyakit Pasien Berdasarkan Usia Pasien Dengan Menggunakan K-Means Clustering,” J. Times, vol. 6, no. 2, 2017.

D. K. Alfiki Astutik, A. Indrasetianingsih, and F. Fitriani, “Penerapan Text Mining pada Analisis Sentimen Pengguna Twitter Layanan Transportasi Online Menggunakan Metode Density Based Spatial Clustering of Applications With Noise (DBSCAN) dan K-Means,” J Stat. J. Ilm. Teori Dan Apl. Stat., vol. 15, no. 1, Jul. 2022, doi: 10.36456/jstat.vol15.no1.a5983.

T. Alfina, B. Santosa, and J. A. R. Hakim, “Analisa Perbandingan Metode Hierarchical Clustering, K-means dan Gabungan Keduanya dalam Cluster Data (Studi kasus : Problem Kerja Praktek Jurusan Teknik Industri ITS),” vol. 1, p. 5, 2012.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

[1]
I. Sufairoh, A. C. Rani, K. Amalia, and D. Rolliawati, “Perbandingan Hasil Analisis Clustering Metode K-Means, DBSCAN Dan Hierarchical Pada Data Marketplace Electronic Phone”, Journal of Information System, vol. 8, no. 1, pp. 97–105, Jun. 2023.

Most read articles by the same author(s)