Analisis Model Pengetahuan untuk Indigenous Knowledge Management Tembang Macapat
DOI:
https://doi.org/10.33633/joins.v8i1.7579Keywords:
macapat, sobokartti, knowledge management, indigenous, tacit, eksplisitAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan model knowledge management berupa proses transformasi pengetahuan tacit menjadi pengetahuan explicit tentang kearifan lokal di Jawa (tembang macapat) dengan menggunakan teknologi informasi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan Focus Group Discussion (FGD), Participatory Action Research (PAR) dan kuesioner kepada 50 Responden. Data dianalisis menggunakan model Socialization, Externalisation, Combination dan Internalization (SECI) dengan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Sobokartti merupakan tempat strategis untuk mengelola pengetahuan kearifan lokal bagi generasi muda. Model transformasi pengetahuan tacit ke explicit yang digunakan dengan menggunakan cara sosialisasi dan eksternalisasi. Hasil transformasi pengetahuan dicatat dalam bentuk tulisan yang kemudian didesiminasi melalui teknologi informasi. Penggunaan teknologi informasi perlu ditingkatkan sebagai media desiminasi pengetahuan.References
DAFTAR PUSTAKA
Von Krogh, Ichiyo, and Nonaka. 2000. dalam Bambang Setiarso. 2006. Knowledge Management dan Intellectual Capital untuk Pemberdayaan UKM. Prosiding Konferensi Teknologi Informasi & Komunikasi untuk Indonesia, Institut Teknologi Bandung, 3-4 Mei
Tung, Khoe Yao, 2018, Memahami Knowledge Management, Indeks, Cetakan I, ISBN 10987654321
Duija, I Nengah, 2005, Tradisi Lisan Naskah dan Sejarah, Wacana ,Vol. 7 No 2, Oktober 20115 (111-124)
Poerbatjaraka, 1957, Kapustakan Djawi /dipun terangaken dening R.M.Ng. Poerbatjaraka, Djakarta: Djambatan
Malhotra, Yogesh,2000, Knowledge Assets in the Global Economy: Assessment of National Intellectual Capital,Journal of Global Information Management, 8(3), 5-15.
Nonaka,1991), The knowledge-creating company. Harvard Business Review, 96–104.
Davenport, TH., and Laurence, P. 1998. Working Knowledge: How Organizations Manage What They Know. Harvard Business School Press. Boston.
Karsono H. Saputra, 1992, Pengantar Sekar Macapat. Depok: Fakultas Sastra Universitas Indonesia. ISBN 979-8184-02-5
Setiyadi, Putut. 2012. Pemahaman Kembali Local Wisdom Etnik Jawa dalamTembang Macapat dan Pemanfaatannya sebagai Media Pendidikan Budi Pekerti Bangsa. Magistra. 79(24). Hlm. 75.
Fitri Handayani, 2019, Penggunaan Cloud Computing Sebagai Knowledge Sharing Pustakawan di Perpustakaan, Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Vol. 11, No. 2, Juli- Desember 2019
Michael Zack,1999, Developing Knowledge Strategy, California Management Review,41(3), 125-145
Yoyon K., S, 2010, Ekstraksi Suara Saron Berbasis Spectral Density Menggunakan Filter Multidimensi, Teknik Elektro, FTI, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).
Pramudi, Yuventius Tyas C, Yohan Wismantoro, Karis W. (2017), Strategi Peneriapan Sistem Knowledge Management Tembang Macapat Dengan Pengembangan Sikap Generasi Muda, Prosiding Seminar Nasional & Konferensi Forum Manajemen Indonesia ke 9, ISBN:978-602-8557-31-3
A. Q. Romualdo, J. D. Arroyo, E. G. D. Suriaga, and T. Rose, “Traditional Knowledge Management ( TKM ) through Biosprospecting : Mainstreaming Scientific Research Trends and Techniques for Inclusive and Sustainable Education,” vol. 1, no. 7, pp. 1497–1506, 2022.
M. S. Lodhi and P. Mikulecky, “Motives and modes of indigenous knowledge management,” Int. Conf. Urban Sustain. Cult. Sustain. Green Dev. Green Struct. Clean Cars, USCUDAR - Proc., no. February, pp. 89–94, 2011.
J. K. Sarkhel, “Strategies of Indigenous Knowledge Management in Libraries,” Qual. Quant. Methods Libr., vol. 5, pp. 427–439, 2016.
B. W. Nadiroh, Umi; Setyawan, “Peranan Pembelajaran Bahasa Jawa dalam Melestarikan Budaya Jawa,” Jisabda J. Ilm. Sastra dan Bhs. Daerah, serta pengajarannya, vol. 3, no. 1, 2021
J. S. Siregar, “Pendidikan Berbasis Budaya Jawa Dalam Masyarakat Yogyakarta,” J. IKRA-ITH Hum., vol. 4, no. 3, pp. 47–56, 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.