Analisis Minat Konsumen Pada Produk CV Jakarta Powder Drink Dengan Menggunakan Metode Asosiasi Algoritma FP Growth
DOI:
https://doi.org/10.33633/joins.v9i2.7051Keywords:
Association Rule Mining, Algoritma FP Growth, Minat Konsumen, Frequent Itemset, Manajemen StokAbstract
CV Jakarta Powder Drink adalah perusahaan yang memproduksi bubuk minuman yang dibeli oleh berbagai restoran dan toko, yang telah mendistribusikan produknya ke seluruh Indonesia. Permasalahan yang dihadapi perusahaan yaitu adanya ketimpangan penjualan terhadap berbagai varian produk sehingga sulit membuat keputusan produksi dan penjualan. Hal ini dapat diperbaiki apabila perusahaan lebih memahami minat konsumen yang memiliki hubungan erat dengan produksi dan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola minat konsumen sehingga dapat membantu perusahaan baik dalam membuat keputusan manajemen produksi stok maupun dalam membuat strategi marketing untuk meningkatkan penjualan menggunakan teknik data mining yaitu asosiasi dan menerapkan algoritma FP Growth. Algoritma ini menerapkan pembangkitan FP Tree dalam mencari frequent itemset yang kemudian dapat membentuk aturan asosiasi berupa pola pembelian. Menggunakan data transaksi sebanyak 504 record, dengan menerapkan nilai minimum support 0,05 dan minimum confidence 0,7 diperoleh sebanyak 8 association rule yang kemudian dapat menjadi dasar rekomendasi strategi seperti manajemen stok, penempatan dan katalog produk hingga fitur rekomendasi.References
Setiawan, B.A., “Perbandingan Clustering Optimalisasi Stok Barang Menggunakan Algoritma K–Means Dan Algoritma K–Medoids (Studi Kasus: Klinik Ben Waras),” Proceeding SENDI_U, pp. 527-535, 2021
Ramadhan, R. dan Setiawan, E.I., “Market Basket Analysis untuk Swalayan KSU Sumber Makmur dengan Algoritma FP Growth,” Journal of Intelligent System and Computation, vol. 2, no. 1, pp. 34-39, 2020.
Darmaastawan, K., Saputra, K.O. dan Wirastuti, N.M.A.E.D., “Market Basket Analysis using FP-Growth Association Rule on Textile Industry,” International Journal of Engineering and Emerging Technology, vol. 5, no. 2, pp. 24-30, 2020.
Caesar, F.X.B. dan Somya, R., “Analisis Minat Beli Produk pada Toko Oleh-Oleh Khas Surabaya dengan Algoritme FP-Growth,” In Seri Prosiding Seminar Nasional Dinamika Informatika, vol. 5, no. 1, May 2021.
Kadafi, M., “Penerapan Algoritma FP-GROWTH untuk Menemukan Pola Peminjaman Buku Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang,” MATICS, vol. 10, no. 2, pp. 52-58, 2018.
Martinez, M., Escobar, B., Garc?a-D?az, M.E. and Pinto-Roa, D.P., “Market Basket Analysis with Association Rules in The Retail Sector Using Orange. Case Study: Appliances Sales Company,” CLEI Electronic JournalL, vol. 24, no. 2, pp. 12, 2021.
Aneeshkumar, A.S., Ramachandran, S., SripriyaArunachalam, D. and Gupta, M., “Estimation of Liver Disorder and its Correlation Factors in Modern World using Data Mining Techniques,” International Journal of Advanced Science and Technology, vol. 29, no. 5, pp. 7600-7608, 2020.
Amelia, R. dan Utomo, D.P., "Analisa Pola Pemesanan Produk Modern Trade Independent Dengan Menerepakan Algoritma Fp. Growth (Studi Kasus: Pt. Adam Dani Lestari),” KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. 3, no. 1, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.