Analisis Minat Konsumen Pada Produk CV Jakarta Powder Drink Dengan Menggunakan Metode Asosiasi Algoritma FP Growth

Authors

  • Novia Febrianty Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Ati Zaidiah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Helena Nurramdhani Irmanda Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33633/joins.v9i2.7051

Keywords:

Association Rule Mining, Algoritma FP Growth, Minat Konsumen, Frequent Itemset, Manajemen Stok

Abstract

CV Jakarta Powder Drink adalah perusahaan yang memproduksi bubuk minuman yang dibeli oleh berbagai restoran dan toko, yang telah mendistribusikan produknya ke seluruh Indonesia. Permasalahan yang dihadapi perusahaan yaitu adanya ketimpangan penjualan terhadap berbagai varian produk sehingga sulit membuat keputusan produksi dan penjualan. Hal ini dapat diperbaiki apabila perusahaan lebih memahami minat konsumen yang memiliki hubungan erat dengan produksi dan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola minat konsumen sehingga dapat membantu perusahaan baik dalam membuat keputusan manajemen produksi stok maupun dalam membuat strategi marketing untuk meningkatkan penjualan menggunakan teknik data mining yaitu asosiasi dan menerapkan algoritma FP Growth. Algoritma ini menerapkan pembangkitan FP Tree dalam mencari frequent itemset yang kemudian dapat membentuk aturan asosiasi berupa pola pembelian. Menggunakan data transaksi sebanyak 504 record, dengan menerapkan nilai minimum support 0,05 dan minimum confidence 0,7 diperoleh sebanyak 8 association rule yang kemudian dapat menjadi dasar rekomendasi strategi seperti manajemen stok, penempatan dan katalog produk hingga fitur rekomendasi.

References

Setiawan, B.A., “Perbandingan Clustering Optimalisasi Stok Barang Menggunakan Algoritma K–Means Dan Algoritma K–Medoids (Studi Kasus: Klinik Ben Waras),” Proceeding SENDI_U, pp. 527-535, 2021

Ramadhan, R. dan Setiawan, E.I., “Market Basket Analysis untuk Swalayan KSU Sumber Makmur dengan Algoritma FP Growth,” Journal of Intelligent System and Computation, vol. 2, no. 1, pp. 34-39, 2020.

Darmaastawan, K., Saputra, K.O. dan Wirastuti, N.M.A.E.D., “Market Basket Analysis using FP-Growth Association Rule on Textile Industry,” International Journal of Engineering and Emerging Technology, vol. 5, no. 2, pp. 24-30, 2020.

Caesar, F.X.B. dan Somya, R., “Analisis Minat Beli Produk pada Toko Oleh-Oleh Khas Surabaya dengan Algoritme FP-Growth,” In Seri Prosiding Seminar Nasional Dinamika Informatika, vol. 5, no. 1, May 2021.

Kadafi, M., “Penerapan Algoritma FP-GROWTH untuk Menemukan Pola Peminjaman Buku Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang,” MATICS, vol. 10, no. 2, pp. 52-58, 2018.

Martinez, M., Escobar, B., Garc?a-D?az, M.E. and Pinto-Roa, D.P., “Market Basket Analysis with Association Rules in The Retail Sector Using Orange. Case Study: Appliances Sales Company,” CLEI Electronic JournalL, vol. 24, no. 2, pp. 12, 2021.

Aneeshkumar, A.S., Ramachandran, S., SripriyaArunachalam, D. and Gupta, M., “Estimation of Liver Disorder and its Correlation Factors in Modern World using Data Mining Techniques,” International Journal of Advanced Science and Technology, vol. 29, no. 5, pp. 7600-7608, 2020.

Amelia, R. dan Utomo, D.P., "Analisa Pola Pemesanan Produk Modern Trade Independent Dengan Menerepakan Algoritma Fp. Growth (Studi Kasus: Pt. Adam Dani Lestari),” KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. 3, no. 1, 2019.

Downloads

Published

2025-02-18

How to Cite

[1]
N. Febrianty, A. Zaidiah, and H. N. Irmanda, “Analisis Minat Konsumen Pada Produk CV Jakarta Powder Drink Dengan Menggunakan Metode Asosiasi Algoritma FP Growth”, Journal of Information System, vol. 9, no. 2, pp. 94–103, Feb. 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.