Sistem Pakar Penentu Profil Risiko Investasi

Adam Mukti Wibisono, Betha Nurina Sari

Abstract


Investasi dapat didefinisikan sebagai penanaman sejumlah uang atau sumber daya lainnya pada masa sekarang dengan harapan pengembalian di masa yang akan datang. Dalam praktiknya, investasi sering dikaitkan dengan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan menginvestasikan dana pada berbagai alternatif aset, baik berupa aset fisik seperti tanah, emas, properti, atau aset finansial, seperti berbagai bentuk surat. Seperti saham, obligasi atau reksa dana. Dengan banyaknya instrumen investasi yang ada sekarang masyarakat tentu kesulitan menentukan investasi mana yang cocok dengan profil risikonya. Pada penelitian ini akan mengembangkan sebuah sistem pakar untuk menentukan profil risiko investasi seseorang menggunakan metode forward chaining, metode ini dilaksanakan dengan mengumpulkan data atau fakta-fakta yang dibutuhkan terlebih dahulu lalu di definisikan aturan-aturannya, kemudian disimpulkan untuk memberikan solusi yang tepat. Dari hasil penelitian ini seseorang dapat mengetahui profil risiko nya dalam berinvestasi, mengetahui instrumen investasi apa yang cocok, alokasi dana yang tepat dan juga jangka waktu yang terbaik sesuai dengan profil risiko nya

 

Kata kunci: investasi, profil risiko, forward chaining, sistem pakar


Full Text:

PDF

References


A. Rudiwantoro, “Langkah Penting Generasi Millennial Menuju Kebebasan Finansial Melalui Investasi,” Jurnal Moneter, vol. 5, no. 1, pp. 44–51, 2018.

“Apa itu Profil Risiko?” https://www.most.co.id/belajar-investasi/mulai-investasi/apa-itu-profil-risiko (accessed Mar. 24, 2022).

K. R. A. Saraswati and M. G. Wirakusuma, “Pemahaman atas investasi memoderasi pengaruh motivasi dan risiko investasi pada minat berinvestasi,” E-Jurnal Akuntansi, vol. 24, no. 2, pp. 1584–1599, 2018.

R. Amin and B. Rifai, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Investasi Ideal Bagi Generasi Millenial,” Jurnal Mantik Penusa, vol. 3, no. 3, 2019.

D. Chandra, A. T. Ramaningtyas, and L. Hakim, “Penerapan Breadth First Search untuk Mengelola Keuangaan dengan Menentukan Karakteristik Investasi Individu,” Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, pp. 395–402, 2021.

Z. Hakim and R. Rizky, “Sistem Pakar Menentukan Karakteristik Anak Kebutuhan Khusus Siswa Di SLB Pandeglang Banten Dengan Metode Forward Chaining,” JUTIS (Jurnal Tek. Inform.) Progr. Stud. Tek. Inform. Tek. Univ, vol. 7, no. 1, pp. 93–99, 2019.

Y. Munsa Idah, M. Dara Fatimah, and D. Prasetyo Hutomo, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dengan Menggunakan Sistem Pakar Di Bidang Kedokteran (Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Penyakit Dengan Gejala Demam),” Conference on Information Technology, Information System and Electrical Engineering (CITISEE), pp. 154–161, 2017.

I. Akil, “Analisa efektifitas metode forward chaining dan backward chaining pada sistem pakar,” Pilar Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information System, vol. 13, no. 1, pp. 35–42, 2017.

John Durkin, Expert Systems Design and Development. New Jersey: Prentice Hall International Inc, 1994.

M. F. Andriansyah, D. Yusup, and A. Voutama, “Sistem Pakar Deteksi Dini Covid-19 Menggunakan Metode Naive Bayes Berbasis Website,” INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, vol. 4, no. 2, pp. 446–455, 2021.




DOI: https://doi.org/10.33633/joins.v7i1.6130

Article Metrics

Abstract view : 367 times
PDF - 309 times

Refbacks





akun pro jepanghttps://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://elijo.umpwr.ac.id/blog/sensorgacor/https://e-learning.asia.ac.id/products/turbox500/kakekslotturbox500https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/juaraslot/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/

Index by: