Peningkatan Usability Point of Sales (PoS) Berbasis Human Centered Design (HCD)

Authors

  • Agus Hermanto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Nur Sela Ameiliawati Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Agustinus Bimo Gumelar Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Narotama, Surabaya
  • Lukman Junaedi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Narotama, Surabaya
  • Agung Widodo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Narotama, Surabaya
  • MY Teguh Sulistyono Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang
  • Achmad Teguh Wibowo Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Ampel, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33633/joins.v7i1.5528

Abstract

Dalam perkembangan teknologi transaksi online hingga fasilitas e-commerce, sistem point-of-sale (POS) menjadi sangat populer karena menyediakan cara transaksi yang cepat dan nyaman untuk bisnis. Sistem ini mampu mengakomodasi tugas-tugas vital seperti transaksi online, keamanan, integrasi dengan perpajakan, hingga laporan manajemen. Oleh karena itu, menjadi penting dalam memastikan kualitas perangkat lunak dan pemanfaatan fungsi bisnis yang efektif. Di antara beberapa fungsi dan atribut kualitas perangkat lunak, sifat kegunaan perangkat lunak POS sangatlah krusial, karena antarmuka pengguna secara langsung sangat terkait dengan perilaku kasir, kepuasan pelanggan, dan keuntungan pasar. Namun, pelaksanaan evaluasi kegunaan sistem transaksi yang menggunakan teknologi POS tidak mudah karena secara umum ditampilkan banyak konfigurasi, dan antarmuka yang kompleks. Banyak model kualitas yang tersedia belum cukup untuk mengevaluasi kegunaan sistem POS yang hanya mencakup sebagian tampilan fungsinya.Dalam penelitian ini, kami melakukan investigasi sepuluh model kualitas dari metode System Usability Scale (SUS) dan mengekstrak faktor terkait kegunaan dari masing-masing model dan mengimplementasikannya berbasis desain yang berfokus pada manusia atau Human Centered Design (HCD). Evaluasi dari penggunaan aplikasi POS yang dibuat menghasilkan nilai rata-rata skor SUS sebesar 78,2 yang menunjukkan tingkat penerimaan masuk kategori Baik (Good).

References

W. C. Davis And Z. J. Wang, “A Mobile Retail Pos,” In Proceedings Of The 2015 Workshop On Mobile Big Data, Jun. 2015, Pp. 49–51. Doi: 10.1145/2757384.2757391.

A. Hermanto, A. K. Darmawan, E. Sadewa, And Y. Wrahatnala, “Perbaikan Manajemen Proses Perangkat Lunak Berbasis Web Menggunakan Pemodelan Wspim,” 2019.

A. Fernandez, E. Insfran, And S. Abrahão, “Usability Evaluation Methods For The Web: A Systematic Mapping Study,” Information And Software Technology, Vol. 53, No. 8, Pp. 789–817, Aug. 2011, Doi: 10.1016/J.Infsof.2011.02.007.

N. Bornoe And J. Stage, “Lncs 8742 - Usability Engineering In The Wild: How Do Practitioners Integrate Usability Engineering In Software Development?,” 2014.

W. A. Staples And R. A. Swerdlow, “Evaluation Of Point-Of-Sale Services: Problems And Prospects For Retailing,” In Marketing Horizons: A 1980’s Perspective, Cham: Springer International Publishing, 2015, Pp. 324–324. Doi: 10.1007/978-3-319-10966-4_77.

A. Tri, R. Dewi, A. Hermanto, A. Bimo Gumelar, A. Widodo, And M. T. Sulistyono, “Pengembangan Aplikasi Indeks Pengukuran Kinerja Pada Institusi Pendidikan Tinggi Menggunakan Framework It Infrastructure Library (Itil),” Journal Of Information System, Vol. 6, No. 2, Pp. 181–189, Doi: 10.33633/Joins.V6i2.4552.

P. C. R. Len Bass, Software Architecture In Practice, Third Edition. Addisonwesley, 2020.

J. Nielsen, “Usability 101: Introduction To Usability,” 2012, Accessed: Dec. 09, 2021. [Online]. Available: Https://Www.Nngroup.Com/Articles/Usability- 101-Introduction-To-Usability/

J. And S. K. I. And W. E. D. Sugihartono, “Pembuatan Aplikasi Point Of Sale Toko Cabang Perusahaan Torani Menggunakan Framework Codeigniter,” J. Teknol. Dan Sist. Kompute, Vol. 3, Pp. 445–455, 2015.

R. A. Majid, N. L. M. Noor, And W. A. W. Adnan, “Theoretical Perspectives Of The Hcd Integration In Software Development Process,” Indonesian Journal Of Electrical Engineering And Computer Science, Vol. 17, No. 2, Pp. 1091–1095, 2019, Doi: 10.11591/Ijeecs.V17.I2.Pp1091-1095.

D. E. T. Sembodo, “Pembangunan Aplikasi Sistem Informasi Point Of Sales Pada Kedai Makan,” 2017.

N Babich, “Prototyping 101: The Difference Between Low-Fidelity And High-Fidelity Prototypes And When To Use Each,” Vol. 26, 2017.

A. Satrio Bagaskoro, R. Fauzi, And N. Ambarsari, “Perancangan User Interface Berdasarkan User Experience Aplikasi E-Learning Dengan Menggunakan Metode User-Centered Design Untuk Mendukung Proses Pembelajaran Studi Kasus : Sma Santa Maria 3 Cimahi User Interface Design Based On User Experience Of E-Learning Applications Using User-Centered Design Method To Support Learning Process Case Study: Sma Santa Maria 3 Cimahi.”

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

[1]
A. Hermanto, “Peningkatan Usability Point of Sales (PoS) Berbasis Human Centered Design (HCD)”, Journal of Information System, vol. 7, no. 1, pp. 1–13, May 2022.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.