Sistem Informasi Pendaftaran Sambungan Baru Perumda Air Minum Tirta Bening Kabupaten Pati

Authors

  • Amidah Nur Utami Universitas Dian Nuswantoro
  • suharnawi - - Universitas Dian Nuswantoro
  • Acun Kardianawati Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/joins.v7i1.5365

Abstract

Air minum menjadi keperluan yang sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan manusia, oleh sebab itu harus diolah dengan baik. Perusahaan Umum Milik Daerah (PERUMDA) merupakan badan usaha milik pemerintah dalam pengelolaan air minum, yang kemudian disalurkan ke masyarakat. Di provinsi Jawa Tengah sendiri Perumda tersebar di seluruh kota, salah satunya di Kabupaten Pati yaitu Perumda Air Minum Tirta Bening Kabupaten Pati. Banyak masyarakat belum menjadi pelanggan air minum yang ingin melakukan pemasangan sambungan baru di Perumda. Calon pelanggan haruslah melakukan beberapa prosedur pendaftaran ke kantor Perumda, sehingga akan memakan waktu yang cukup banyak. Untuk meminimalkan permasalahan dalam pendaftaran sambungan baru yang terbilang masih manual maka didapatkanlah suatu ide untuk membangun sistem yang terkomputerisasi. Sistem ini diimplementasikan dengan menggunakan website. Metode penelitian yang digunakan adalah metode waterfall. Dengan dibangunnya website pendaftaran sambungan baru pada Perumda Air Minum Tirta Bening Kabupaten Pati ini akan memperoleh manfaat yang besar, yaitu informasi mengenai tata cara atau prosedur pendaftran sambungan baru dapat dengan mudah di akses oleh pelanggan, dapat melakukan pendaftaran online. Dengan website calon pelanggan tidak perlu datang langsung ke kantor, serta memberikan kemudahan kepada petugas Perumda Air Minum Tirta Bening Kabupaten Pati dalam mengelola pendaftaran sambungan baru.

Author Biography

suharnawi - -, Universitas Dian Nuswantoro

SI-S1

References

Kontributor Wikipedia. “Perusahaan Daerah Air Minum”. Wikipedia, Ensiklopedia Bebas. Wikipedia, Ensiklopedia Bebas, 1 Nov. 2020. Web. 1 Nov. 2020.

PDAM Tirta Katulistiwa, 2021, “Perusahaan Air Minum Tirta Katulistiwa”, https://www.pdamtirtakhatulistiwa.com/sambungan_baru (diakses 23 November 2021).

G. Dinan, 2014, “Sistem Informasi Reservasi Kamar Hotel Berbasis Web Pada Hotel Candra Cimahi,”, Skripsi, UKI, Bandung.

Fadli Sofiansyah, 2018, “Model Rapid Application Development Dalam Pengembangan Sistem Reservasi dan Penyewaan Kamar Hotel,”, e-Jurnal, STMIK Lombok, Lombok.

R. P. Hastanti, B. E. Purnama dan I. U. Wardati, 2015, “Sistem Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan,” Jurnal, LPPM UBSI, Yogyakarta.

Rahman, MF, 2018, “Sistem Informasi Pendaftaran Sambungan Baru Pada PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda Berbasis Web”, Thesis, STMIK Widya Cipta Dharma, Samarinda.

Kontributor Wikipedia. “Model Waterdall”. Wikipedia, Ensiklopedia Bebas. Wikipedia, Ensiklopedia Bebas, 24 Nov. 2020. Web. 24 Nov. 2020.

Heldiansyah, R. Indera, 2015, “Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Alat Kesehatan Berbasis Web Pada PT. Alfin Fanca Prima”, Jurnal, Poltek Banjarmasin, Banjarmasin.

G.Y.Swara dan Y.Pebriadi,2016, “RekayasaPerangkatLunakPemesananTiket Bioskop Berbasis Web”, Jurnal, USU, Medan.

G.G.Arifin,A.Deddy dan E.Satria, 2013, “Pengembangan Sistem Informasi Pemesanan Kamar Hotel Berbasis Web Menggunakan Metodologi Rapid Application Development”, e-jurnal, STTG, Garut.

Jogiyanto, 2005 “Analisis dan Desain System Informasi”. Andi Offset, Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

[1]
A. N. Utami, suharnawi .-. -, and A. Kardianawati, “Sistem Informasi Pendaftaran Sambungan Baru Perumda Air Minum Tirta Bening Kabupaten Pati”, Journal of Information System, vol. 7, no. 1, pp. 66–78, May 2022.

Most read articles by the same author(s)