Sistem Informasi Multiplatform Repositori Data Dosen Berbasis React Menggunakan Framework Kanban

Authors

  • Habibie Ed Dien Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang https://orcid.org/0000-0003-1361-3554
  • Putra Prima Arhandi Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Aditya Eka P. Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Deby Silvia A. Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33633/joins.v6i1.4543

Abstract

Dosen adalah seorang pendidik profesional yang mengemban tugas tridharma perguruan tinggi. Luaran yang dihasilkan dari tugas tridharma seperti pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian tiap dosen memiliki data atau dokumen penting yang sangat banyak demi jenjang karirnya. Oleh karena itu, pengembangan sistem informasi untuk memanajemen data tersebut adalah hal yang sangat penting. Salah satu solusinya adalah sistem repositori. Aplikasi multiplatform repositori dosen berbasis React adalah sebuah sistem informasi repositori yang dibangun untuk mengelola data-data dosen Jurusan Teknologi Informasi (JTI), Politeknik Negeri Malang yang meliputi biodata, kepangkatan, pendidikan, penelitian, pengajaran, pengabdian, sertifkasi, dan data rekam jejak mengikuti pelatihan. Hasil penelitian ini berupa aplikasi android dan web yang dibangun dengan kerangka kerja React menggunakan bahasa pemrograman TypeScript. Jenis pengguna aplikasi ini terdiri dari administrator dan dosen-dosen JTI. Pengujian aplikasi versi web dan android dilakukan pada berbagai perangkat dengan hasil dapat beroperasi dengan baik.

Author Biography

Habibie Ed Dien, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang

www.didien.tk/cv

References

Kemdikbud, “Kamus Besar Bahasa Indonesia: Repositori,” 2020. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/repositori.

“Salinan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tentang Pedoman Operasional Beban Kerja Dosen - Website LLDIKTI Wilayah V.” https://lldikti5.kemdikbud.go.id/home/detailpost/salinan-keputusan-direktur-jenderal-pendidikan-tinggi-kementerian-pendidikan-dan-kebudayaan-tentang-pedoman-operasional-beban-kerja-dosen (accessed Mar. 25, 2021).

F. Nugraha, W. Triyanto, M. Arifin, and Y. Rahayu, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penilaian Beban Kerja Dosen,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., pp. 405–412, 2019.

D. Vitalocca, S. E. Rahman, and P. A. Uleng, “Perancangan Sistem Informasi Data Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Makassar Berbasis Web,” J. MEKOM (Media Komun. Pendidik. Kejuruan), vol. 5, no. 1, 2018.

A. Widarma and M. Rahmawan, “Rancang Bangun Sistem Informasi Rekam Jejak Dosen Berbasis WEB (Studi Kasus : Fakultas Teknik Universitas Asahan),” Jurti (Jurnal Teknol. Informasi), vol. 2, no. 1, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.una.ac.id/index.php/jurti/article/view/406.

N. Saraswati and E. Hartono, “Sistem Pengolahan Data Dosen Tetap STMIK STIKOM Indonesia Berbasis Website,” Jutik (Jurnal Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 3, no. 1, 2017.

“13 Best JavaScript Frameworks For 2020.” https://www.lambdatest.com/blog/best-javascript-framework-2020/ (accessed Mar. 25, 2021).

“The State of JavaScript 2019: Front End Frameworks.” https://2019.stateofjs.com/front-end-frameworks/ (accessed Mar. 25, 2021).

Agile Allience, “The Agile Alliance website: Framework Kanban,” 2020. https://www.agilealliance.org/glossary/kanban.

“About the Unified Modeling Language Specification Version 2.5.1.” https://www.omg.org/spec/UML (accessed Mar. 24, 2021).

Facebook, “React – A JavaScript library for building user interfaces,” 2020. https://reactjs.org/.

Facebook, “React Native · A framework for building native apps using React,” 2020. https://reactnative.dev/.

Downloads

Published

2021-05-31

How to Cite

[1]
H. E. Dien, P. P. Arhandi, A. E. P., and D. S. A., “Sistem Informasi Multiplatform Repositori Data Dosen Berbasis React Menggunakan Framework Kanban”, Journal of Information System, vol. 6, no. 1, pp. 116–130, May 2021.

Most read articles by the same author(s)