Perancangan Game Edukasi Hewan Ovipar dan Vivipar Menggunakan RPG Maker MV
DOI:
https://doi.org/10.33633/joins.v6i1.4405Abstract
Materi membedakan ovipar dan vivipar yang guru SDN Karangpawitan III Karawang masih berupa teks dan gambar pada buku, serta belum menerapkan pemelajaran media secara visual. Materi yang disampaikan masih dengan cara ceramah atau siswa yang diundang untuk mencari materi dengan media buku pelajaran. Kurangnya penggunaan media pembelajaran di sekolah pada proses belajar mengajar membuat siswa kurang aktif dan merasa bosan dalam proses belajar mengajar. Agar meningkatkan minat siswa dan siswi dalam belajar perlu adanya media yang menyenangkan bagi mereka salah satunya adalah game edukasi, penggunaan game edukasi merupakan alternatif lain dalam meningkatkan pemahaman saat proses belajar mengajar.Dalam game edukasi metode yang digunakan adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dan alat yang digunakan untuk memubuat game yaitu RPG Maker MV dan Adobe Ilustrator. Game edukasi ini berhasil mendapatkan proporsi rata-rata dari penguji sebelum dan sesudah menggunakan game, didapatkan hasil rata-rata siswa sebelum menggunakan game sebesar 39,5% sedangkan rata-rata siswa sesudah menggunakan game 85%. Sehingga dapat disempurnakan game edukasi hewan ovipar dan vivipar ini dapat digunakan sebagai media alternatif proses pembelajaran karna berdasarkan tabel kelayakan game edukasi ini mendapatkan nilai B yang artinya baik. 5% sedangkan rata-rata siswa sesudah menggunakan game sebesar 85%.Sehingga dapat disempurnakan game edukasi hewan ovipar dan vivipar ini dapat digunakan sebagai media alternatif proses pembelajaran karna berdasarkan tabel kelayakan game edukasi ini mendapatkan nilai B yang artinya baik. 5% sedangkan rata-rata siswa sesudah menggunakan game sebesar 85%. Sehingga dapat disempurnakan game edukasi hewan ovipar dan vivipar ini dapat digunakan sebagai media alternatif proses pembelajaran karna berdasarkan tabel kelayakan game edukasi ini mendapatkan nilai B yang artinya baik.References
Budiarto, M. K. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sd Negeri Karangmloko 2. EJurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 52.
Chriestie E. J. C. Montolalu, & Yohanes A.R. Langi. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). Jurnal Matematika dan Aplikasi, Vol 7 No 1.
Diana Laily Fithri & Dave Andre Setiawan. (2017). Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jurnal SIMETRIS, Vol 8 No 1.
Fitriani, Tawany, & Nadjib. (2017). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Ips Guna Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Dan Patriotisme Siswa Smpn 12 Kendari. Jurnal Komunikasi KAREBA, 6.
Harahap, N. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Melalui Metode Jigsaw Learning Pada Siswa Kelas X Ipa 8 Man 2 Model Medan Tahun Pelajaran 2016/201. GENTA MULIA.
Iwan Binanto. (2013). Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak Multimedia.
Johnson, B. & Christensen, L. (2012) Educational Research 4th Ed.: Quantitative, qualitative, and mix-methods approaches. California: SAGE Publication.
Jasson. (2009). Role Playing Game (RPG) Maker (software penampung kreatifitas, inovasi dan imajinasi bagi game designer). Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.
Kurniawan D. 2008. Uji T Berpasangan (Paired T-Test), Vienna (AT) : Foundation for Statistical Computing.
Pujakusuma, G. A., Haryanto, D., Iqbal, M., Wirandhanu, & Pramuditya, S. A. (2018). Game “Incredible Math” Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Virtual Reality. Prosiding SNMPM II.
Putra, S. D. (2018). Media Pembelajaran Dan Sosialisasi Penyakit TBC. Journal of Information System, Applied, Management, and Research.
Novi Hartanto, et.al (2016). Rancang Bangun Media Pembelajaran Ipa Organ Pencernaan Berbasis Role Playing Game Untuk Kelas V SD. Komputaki Vol. 1 No. 1.
Ridwan Sanjaya, Aprilia Ratna Christanti & Michael Satrio Prayogo. (2017). Mudah Membuat Game Edukasi Berbasis Android Dengan RPG Maker MV. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Septea Hasana Fareka. (2019). Penggunaan Game RPG Maker MV untuk Menganalisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi SPLTV. SEMDIKJAR “Penguatan Pendidikan & Kebudayaan untuk Menyongsong Society 5.0”.
Syafrizal, A., Andika, R., & Panggabean, A. P. (2018). Perancangan Game Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Html 5 Berbasis Multimedia Interaktif. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia.
Yanastya Maretha. (2017). Game Edukasi Pengenalan Nama Sayuran Menggunakan Role Playing Game(Rpg) Maker Vx Ace Lite Sebagai Media Pembelajaran Di Paud Khadijah Blabak Kandat. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.