Game Edukasi Pembelajaran IPA Berbasis Visual Novel Studi Kasus: SDN Cibalongsari IV Karawang

Authors

  • Hafiz Abdul Fatah Kurniawan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Asep Jamaludin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nono Heryana Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.33633/joins.v5i2.3812

Abstract

Saat ini media yang digunakan dalam pembelajaran ekosistem makhluk hidup kelas 5 pada SDN Cibalongsari IV Karawang hanya berupa buku, papan tulis dan beberapa alat peraga sehingga siswa menjadi kurang tertarik serta cepat merasa bosan,  Game edukasi visual novel merupakan alternatif lain dalam meningkatkan minat dan ketertaikan siswa terhadap materi tersebut. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini  yaitu Mulitimedia Development Life Cycle. Game ini  memuat materi ekosistem makhluk hidup dengan 3 sub bagian yaitu pengertian, jenis golongan hewan, dan jenis ekosistem. Uji coba game edukasi  ini menggunakan uji-t berpasangan dan UAT, yang menghasilkan persentase tingkat signifikan t hitung =  > nilai t tabel  sehingga Ho berada didaerah penolakan dan H1 diterima, serta dalam uji rata-rata menggunakan persentase nilai pre test dan post test  menggunakan game edukasi sebagai media pembelajaran mengalami peningkatan dari  menjadi sebesar  dengan selisih  dan dalam pengujian menggunakan UAT berdasarkan penilaian siswa mendapat hasil positif dalam setiap pertanyaan yang menyatakan game ini memiliki fitur yang cukup untuk menarik siswa paham akan materi dan juga game edukasi ini dapat diterima sebagai media alternatif pada proses pembelajaran.Kata kunci: Game Edukasi, MDLC, Visual novel, Unity, Ekosistem Makhluk Hidup

References

A. V. Vitianingsih, “Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini,” Inform, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2016.

M. R. Kusuma, H. Djamil, I. Bastian, and A. Rosadi, “Pembuatan Visual Novel dengan Tujuan Edukasi Berbasis Android,” vol. 1, no. 1, 2017.

Fakhriyanur, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif teknik Animasi 2 Dimensi Berbasis Adobe Flash Untuk Siswa kelas XI Multimedia Di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, vol. 05, no. 02. 2016.

H. Sugiarto, “Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad Dan Angka,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., vol. Vol.3 No.1, no. 1, pp. 26–31, 2018.

N. U. Ainon Mardhiah, Yusrizal, “Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui,” J. Adm. Pendidik. Realita Vol. 15, No. 2 Tahun 2017, vol. 4, no. 2, pp. 1–11, 2017, doi: 10.1016/j.det.2012.08.002.

Taufik, “Game Edukasi Visual Novel Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Untuk Kelas 5 SD / MI ( Studi Kasus : Sds K Maranatha Karawang ),” Singaperbangsa Karawang, Karawang, 2019.

Joni Suhartono, “Alpha Testing,” Binus University School of Information Systems, 2016. https://sis.binus.ac.id/2016/12/16/alpha-testing/ (accessed Jan. 15, 2020).

Joni Suhartono, “Beta Test,” Binus University School of Information Systems, 2016. https://sis.binus.ac.id/2016/12/16/beta-test/ (accessed Jan. 15, 2020).

I. A. Prasetya and N. Safriadi, “Penerapan Visual Novel Dari Cerita Rakyat Asal Usul Kota Pontianak,” vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2015.

M. A. Nurdin and I. Hermawan, “Analisis Dan Pengembangan Aplikasi Inhouse Klinik Perusahaan Menggunakan Framework Codeigniter, Studi Kasus Pt Reckitt Benckiser Indonesia,” vol. 3, no. 1, 2017, [Online]. Available: http://www.jurnal.stmik-mi.ac.id/index.php/jcb/article/view/208/231.

A. J. Nathan and A. Scobell, “Implementasi Dan User Acceptance Test (Uat) Terhadap Aplikasi E-Learning Pada Madrasah Aliyah Negeri (Man) 3 Kota Banda Aceh,” Foreign Aff., vol. 91, no. 5, pp. 1689–1699, 2012, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

D. Darmawan, “Pengaruh Kualitas Layanan, Biaya Pendidikan Dan Fasilitas Pendidikan Terhadap Keputusan Konsumen Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening Dalam Memilih Program Studi Pada Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Artha Wacana Kupang,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Iqbal Abdullah Sulthan, “Pengertian User Acceptance Testing (UAT),” www.scribd.com, 2017. https://www.scribd.com/document/353215577/Pengertian-User-Acceptance-Testing-UAT.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

[1]
H. A. F. Kurniawan, A. Jamaludin, and N. Heryana, “Game Edukasi Pembelajaran IPA Berbasis Visual Novel Studi Kasus: SDN Cibalongsari IV Karawang”, Journal of Information System, vol. 5, no. 2, pp. 176–191, Nov. 2020.