Game Edukasi Pembelajaran IPA Berbasis Visual Novel Studi Kasus: SDN Cibalongsari IV Karawang
DOI:
https://doi.org/10.33633/joins.v5i2.3812Abstract
Saat ini media yang digunakan dalam pembelajaran ekosistem makhluk hidup kelas 5 pada SDN Cibalongsari IV Karawang hanya berupa buku, papan tulis dan beberapa alat peraga sehingga siswa menjadi kurang tertarik serta cepat merasa bosan, Game edukasi visual novel merupakan alternatif lain dalam meningkatkan minat dan ketertaikan siswa terhadap materi tersebut. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Mulitimedia Development Life Cycle. Game ini memuat materi ekosistem makhluk hidup dengan 3 sub bagian yaitu pengertian, jenis golongan hewan, dan jenis ekosistem. Uji coba game edukasi ini menggunakan uji-t berpasangan dan UAT, yang menghasilkan persentase tingkat signifikan t hitung = > nilai t tabel sehingga Ho berada didaerah penolakan dan H1 diterima, serta dalam uji rata-rata menggunakan persentase nilai pre test dan post test menggunakan game edukasi sebagai media pembelajaran mengalami peningkatan dari menjadi sebesar dengan selisih dan dalam pengujian menggunakan UAT berdasarkan penilaian siswa mendapat hasil positif dalam setiap pertanyaan yang menyatakan game ini memiliki fitur yang cukup untuk menarik siswa paham akan materi dan juga game edukasi ini dapat diterima sebagai media alternatif pada proses pembelajaran.Kata kunci: Game Edukasi, MDLC, Visual novel, Unity, Ekosistem Makhluk HidupReferences
A. V. Vitianingsih, “Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini,” Inform, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2016.
M. R. Kusuma, H. Djamil, I. Bastian, and A. Rosadi, “Pembuatan Visual Novel dengan Tujuan Edukasi Berbasis Android,” vol. 1, no. 1, 2017.
Fakhriyanur, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif teknik Animasi 2 Dimensi Berbasis Adobe Flash Untuk Siswa kelas XI Multimedia Di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, vol. 05, no. 02. 2016.
H. Sugiarto, “Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad Dan Angka,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., vol. Vol.3 No.1, no. 1, pp. 26–31, 2018.
N. U. Ainon Mardhiah, Yusrizal, “Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui,” J. Adm. Pendidik. Realita Vol. 15, No. 2 Tahun 2017, vol. 4, no. 2, pp. 1–11, 2017, doi: 10.1016/j.det.2012.08.002.
Taufik, “Game Edukasi Visual Novel Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Untuk Kelas 5 SD / MI ( Studi Kasus : Sds K Maranatha Karawang ),” Singaperbangsa Karawang, Karawang, 2019.
Joni Suhartono, “Alpha Testing,” Binus University School of Information Systems, 2016. https://sis.binus.ac.id/2016/12/16/alpha-testing/ (accessed Jan. 15, 2020).
Joni Suhartono, “Beta Test,” Binus University School of Information Systems, 2016. https://sis.binus.ac.id/2016/12/16/beta-test/ (accessed Jan. 15, 2020).
I. A. Prasetya and N. Safriadi, “Penerapan Visual Novel Dari Cerita Rakyat Asal Usul Kota Pontianak,” vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2015.
M. A. Nurdin and I. Hermawan, “Analisis Dan Pengembangan Aplikasi Inhouse Klinik Perusahaan Menggunakan Framework Codeigniter, Studi Kasus Pt Reckitt Benckiser Indonesia,” vol. 3, no. 1, 2017, [Online]. Available: http://www.jurnal.stmik-mi.ac.id/index.php/jcb/article/view/208/231.
A. J. Nathan and A. Scobell, “Implementasi Dan User Acceptance Test (Uat) Terhadap Aplikasi E-Learning Pada Madrasah Aliyah Negeri (Man) 3 Kota Banda Aceh,” Foreign Aff., vol. 91, no. 5, pp. 1689–1699, 2012, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
D. Darmawan, “Pengaruh Kualitas Layanan, Biaya Pendidikan Dan Fasilitas Pendidikan Terhadap Keputusan Konsumen Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening Dalam Memilih Program Studi Pada Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Artha Wacana Kupang,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
Iqbal Abdullah Sulthan, “Pengertian User Acceptance Testing (UAT),” www.scribd.com, 2017. https://www.scribd.com/document/353215577/Pengertian-User-Acceptance-Testing-UAT.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.