Perancangan Manajemen Insiden pada Layanan Teknologi Informasi Inventory Menggunakan Framework ITIL Versi3 (Studi Kasus : PT. Genta Semar Mandiri Semarang)

Authors

  • Nadya Azizah Universitas Dian Nuswantoro
  • Yupie Kusumawati Universitas Dian Nuswantoro
  • Ramadhan Rakhmat Sani Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/joins.v5i1.3610

Abstract

Teknologi informasi digunakan oleh PT. Genta Semar Mandiri untuk mempermudah proses bisnis inventory. Namun pada kenyataanya masih sering terjadi insiden yang menghambat proses bisnis inventory. Insiden yang sering terjadi adalah aplikasi sering error, part number tidak terintegrasi dengan sistem, dan basis data overload. Selama ini insiden tersebut tidak dikelola dengan baik, hal ini disebabkan karena tidak adanya divisi yang khusus menangani insiden TI, serta belum dibuatnya SOP yang digunakan sebagai acuan menangani insiden TI. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil kesenjangan antara kondisi eksisting dengan kondisi ideal proses manajemen insiden pada PT. Genta Semar Mandiri serta mendapatkan SOP yang di perlukan dalam manajemen insiden. Penelitian ini menggunakan Framework ITIL versi 3 dalam merancang kerangka kerja dalam manajemen layanan insiden. Penelitian menunjukkan adanya beberapa perbedaan antara kondisi eksisting dengan kondisi ideal yaitu tidak adanya divisi khusus yang menangani manajamen layanan insiden, serta tidak adanya service desk yang bertugas sebagai pintu gerbang layanan insiden. Sehingga dihasilkan beberapa perubahan yaitu penambahan struktur organisasi pada perusahaan, SOP, serta form yang diperlukan pada penanganan manajemen layanan insiden berdasarkan framework ITIL versi 3. Kata kunci: Tata kelola TI, Manajemen insiden, ITIL versi 3, SOP, PT.Genta Semar Mandiri

Author Biography

Nadya Azizah, Universitas Dian Nuswantoro

sistem informasi

References

T. D. Susanto, sukses mengelola layanan teknologi informasi & kiat lulus ujian sertifikasi itil foundation penulis tony d. susanto, ph.d., itil, cobit. Surabaya: AISINDO, 2017.

R. Pereira and M. M. Da Silva, “ITIL maturity model,” in Proceedings of the 5th Iberian Conference on Information Systems and Technologies, CISTI 2010, 2010.

L. A. K. Wardani, M. Murahartawaty, and L. Ramadani, “Perancangan Tata Kelola Layanan Teknologi Informasi Menggunakan ITIL versi 3 Domain Service Transition Dan Service Operation Di Pemerintah Kota Bandung,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol. 2, no. 2, p. 81, 2016, doi: 10.20473/jisebi.2.2.81-87.

E. Pink, “The Benefits of ITIL,” 2008.

A. Rachmi, T. D. Susanto, and A. Herdiyanti, “Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) Service Desk Berdasarkan Kerangka Kerja ITIL V3 dengan Menggunakan Metode Analisis Gap Layanan ( Studi Kasus : PT XZY Tangerang),” J. Tek. Pomits, vol. 3, no. 2, pp. 175–180, 2014.

A. H. B.C Hidayanto, A.N Ragiltya, “pembuatan standard operating procedure perawatan sistem informasi manajemen institut teknologi sepuluh september,” vol. 07, pp. 27–46, 2017.

J. D. Santosa, “Lebih Memahami SOP (Standard Operation Procedure),” in Lebih Memahami SOP (Standard Operation Procedure), Surabaya: Kata Pena, 2014.

Downloads

Published

2020-05-31

How to Cite

[1]
N. Azizah, Y. Kusumawati, and R. R. Sani, “Perancangan Manajemen Insiden pada Layanan Teknologi Informasi Inventory Menggunakan Framework ITIL Versi3 (Studi Kasus : PT. Genta Semar Mandiri Semarang)”, Journal of Information System, vol. 5, no. 1, pp. 136–146, May 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.