Aplikasi Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Smp Negeri 1 Carita
DOI:
https://doi.org/10.33633/joins.v5i2.3491Abstract
Saat ini, pemanfaatan teknologi informasi sudah digunakan dalam bidang pendidikan. Komputer merupakan salah satu media yang dimanfaatkan sebagai alat bantu dalam sistem pembelajaran. Pembelajaran ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari ilmu-ilmu sosial berdasarkan fakta dan fenomena sosial. Selama ini, proses belajar mengajar untuk mata pelajaran IPS masih bersifat konvensional yaitu guru memberikan materti dari buku dan menggunakan metode ceramah tanpa alat peraga, hal ini disebabkan kurangnya alat peraga untuk mata pelajaran tersebut. Dari proses tersebut guru merasa kesulitan dan juga membutuhkan tenaga ekstra untuk menyampaikan materi ajar kepada siswa secara lisan sehingga pemahaman materi kepada siswa juga berkurang. Pada penelitian ini akan dibuat aplikasi pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode pengembangan aplikasi yaitu MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi pembelajaran interaktif yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara fungsional aplikasi dapat digunakan, dan dapat meningkatkan minat belajar siswa serta membantu pemahaman mata pelajaran IPS. Kata kunci: Ilmu pengetahuan sosial, pembelajaran interaktif, Multimedia Development Life CycleReferences
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Prawiro, S. A., & Irawan, A. H, 2012, Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas 4 SD dengan Metode Learning The Actual Object. Jurnal Sains dan Seni ITS, 1(1), F28-F33.
Sagala, S., 2010, Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Ali, M., 2009, Pengembangan media pembelajaran interaktif mata kuliah medan elektromagnetik. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1).
Arindiono, R. J., & Ramadhani, N., 2013, perancangan media pembelajaran interaktif matematika untuk siswa kelas 5 SD. Jurnal Sains dan Seni ITS, 2(1), F28-F32.
Putri Sujana, A., Nurhayati, S., & Indriani Lestariningati, S. 2017. Sistem Aplikasi Ujian Praktikum Online Menggunakan Mini Pc Raspberry Pi. KOMPUTIKA-Jurnal Sistem Komputer, 6.
Harsasi, M. 2011. Pengembangan Computer-Assisted Instruction Sebagai Bahan Ajar pada Universitas Terbuka. Prosiding Kenferensi Nasional ICT-M Politeknik Telkom (KNIP), 94.
Dwi riastuti, 2009, Pengembangan computer Assisted Instruction(CAI) untuk pembelajaran biologi SMA kelas XI," Jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan, pp. 69-84
Yulianto, B., Heriyanni, E., Sembiring, R. E., Amalia, R., & Fridian, R. 2013. Aplikasi pembelajaran algoritma dasar interaktif berbasiskan Computer Assisted Instruction. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 4(2), 1255-1266.
Binanto, I.,. 2010, Multimedia Digital– Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi
Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121-126.
Nurajizah, S. 2016. Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Lagu Anak-Anak Berbasis Multimedia. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 3(2).
Rizal, M., Mursalim, M., & Kamaruddin, K. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi Vocabulary English Menggunakan Metode MDLC. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 9(1), 75-80.
Suandi, A., Khasanah, F. N., & Retnoningsih, E. (2017). Pengujian Sistem Informasi E-commerce Usaha Gudang Cokelat Menggunakan Uji Alpha dan Beta. Information System For Educators And Professionals: Journal of Information System, 2(1), 61-70.
Santoso, B. (2017). Pengujian Prototipe Sistem Informasi Pemasaran Berbasis E-Commerce Dengan Pendekatan Alpha Betha. Faktor Exacta, 10(1), 90-100
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.