Aplikasi Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Smp Negeri 1 Carita

Authors

  • Sri Nurhayati Universitas Komputer Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33633/joins.v5i2.3491

Abstract

Saat ini, pemanfaatan teknologi informasi sudah digunakan dalam bidang pendidikan. Komputer merupakan salah satu media yang dimanfaatkan sebagai alat bantu dalam sistem pembelajaran. Pembelajaran ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari ilmu-ilmu sosial berdasarkan fakta dan fenomena sosial. Selama ini, proses belajar mengajar untuk mata pelajaran IPS masih bersifat konvensional yaitu guru memberikan materti dari buku dan menggunakan metode ceramah tanpa alat peraga, hal ini disebabkan kurangnya alat peraga untuk mata pelajaran tersebut. Dari proses tersebut guru merasa kesulitan dan juga membutuhkan tenaga ekstra untuk menyampaikan materi ajar kepada siswa secara lisan sehingga pemahaman materi kepada siswa juga berkurang. Pada penelitian ini akan dibuat aplikasi pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode pengembangan aplikasi yaitu MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi pembelajaran interaktif yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara fungsional aplikasi dapat digunakan, dan dapat meningkatkan minat belajar siswa serta membantu pemahaman mata pelajaran IPS. Kata kunci: Ilmu pengetahuan sosial, pembelajaran interaktif, Multimedia Development Life Cycle

References

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Prawiro, S. A., & Irawan, A. H, 2012, Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas 4 SD dengan Metode Learning The Actual Object. Jurnal Sains dan Seni ITS, 1(1), F28-F33.

Sagala, S., 2010, Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Ali, M., 2009, Pengembangan media pembelajaran interaktif mata kuliah medan elektromagnetik. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1).

Arindiono, R. J., & Ramadhani, N., 2013, perancangan media pembelajaran interaktif matematika untuk siswa kelas 5 SD. Jurnal Sains dan Seni ITS, 2(1), F28-F32.

Putri Sujana, A., Nurhayati, S., & Indriani Lestariningati, S. 2017. Sistem Aplikasi Ujian Praktikum Online Menggunakan Mini Pc Raspberry Pi. KOMPUTIKA-Jurnal Sistem Komputer, 6.

Harsasi, M. 2011. Pengembangan Computer-Assisted Instruction Sebagai Bahan Ajar pada Universitas Terbuka. Prosiding Kenferensi Nasional ICT-M Politeknik Telkom (KNIP), 94.

Dwi riastuti, 2009, Pengembangan computer Assisted Instruction(CAI) untuk pembelajaran biologi SMA kelas XI," Jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan, pp. 69-84

Yulianto, B., Heriyanni, E., Sembiring, R. E., Amalia, R., & Fridian, R. 2013. Aplikasi pembelajaran algoritma dasar interaktif berbasiskan Computer Assisted Instruction. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 4(2), 1255-1266.

Binanto, I.,. 2010, Multimedia Digital– Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi

Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121-126.

Nurajizah, S. 2016. Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Lagu Anak-Anak Berbasis Multimedia. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 3(2).

Rizal, M., Mursalim, M., & Kamaruddin, K. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi Vocabulary English Menggunakan Metode MDLC. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 9(1), 75-80.

Suandi, A., Khasanah, F. N., & Retnoningsih, E. (2017). Pengujian Sistem Informasi E-commerce Usaha Gudang Cokelat Menggunakan Uji Alpha dan Beta. Information System For Educators And Professionals: Journal of Information System, 2(1), 61-70.

Santoso, B. (2017). Pengujian Prototipe Sistem Informasi Pemasaran Berbasis E-Commerce Dengan Pendekatan Alpha Betha. Faktor Exacta, 10(1), 90-100

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

[1]
S. Nurhayati, “Aplikasi Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Smp Negeri 1 Carita”, Journal of Information System, vol. 5, no. 2, pp. 200–207, Nov. 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.