Desain Aplikasi Sistem Pendaftaran Online Menggunakan Smartphone Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Pada Rumah Sakit

Authors

  • Fuaida Nabyla Universitas Peradaban
  • rito cipta sigitta Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.33633/joins.v4i2.3078

Abstract

Dewasa ini seiring dengan perkembangan di dunia teknologi yang semakin pesat, teknologi informasi juga salah satu tool untuk membantu meningkatkan pelayanan bagi rumah sakit khususnya dalam layanan menunggu antrian poliklinik. Hasil observasi di RSUI Harapan Anda Tegal dengan menggunakan metode pengumpulan data dan wawancara dengan pihak pengelola Informasi Teknologi serta pengamatan terhadap penerapan sistem yang digunakan oleh rumah sakit terdapat masalahan dalam hal sistem pendaftaran dan antrian pada layanan poliklinik diantaranya tidak ada kejelasan nomor antrian pasien, tidak ada informasi yang terkait nomor antrian keberapa yang sedang dan akan dilayani dan tidak adanya integrasi data dari sistem pendaftaran, rekam medis dan layanan poliklinik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan sistem pendaftaran dan antrian di rumah sakit pada layanan poliklinik. Metode yang digunakan adalah Design Science Research Methodology (DSRM). Hasilnya adalah prototype sistem pendaftaran dan antrian layanan poliklinik berbasis smartphone di RSUI Harapan Anda.

References

Kemenkes RI, “Klasifikasi Rumah Sakit,†p. 116, 2010.

J. G. Barnes, “Secrets of Customer Relationship Management (Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan),†Yogyakarta Andi, 2003.

E. Haryanto, “Queuing System Dengan Voice Untuk Rumah Sakit,†J. Tek., vol. 5, no. 2, pp. 114–153, 2015.

A. Esti, Y. Puspitasari, and A. Rusmawati, “Pengaruh Waktu Tunggu dan Waktu Sentuh Pasien Terhadap Tingkat Kepuasaan Pasien Poli Umum Di Puskesmas Sukorame Kota Kediri,†Str. J. Ilm. Kesehat., 2013.

D. A. dan J. D. Gusriyanti, “Koperasi Tanjung Sari,†J. Manaj. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 936–951, 2018.

R. R. A. Dennis, BH. Wixom, Systems Analysis and Design Fourth Edition. New York: John Wiley and Sons, Inc., 2009.

K. Peffers, T. Tuunanen, M. A. Rothenberger, and S. Chatterjee, “A Design Science Research Methodology For Information Systems Research,†J. Manag. Inf. Syst., 2007.

Downloads

Published

2019-11-29

How to Cite

[1]
F. Nabyla and rito cipta sigitta, “Desain Aplikasi Sistem Pendaftaran Online Menggunakan Smartphone Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Pada Rumah Sakit”, Journal of Information System, vol. 4, no. 2, pp. 168–177, Nov. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.