Penerapan Data Mining Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Meningkatkan Strategi Pemasaran Produk Motor Yamaha

Authors

  • Ardianda Aryo Prakoso Udinus
  • Amiq Fahmi Udinus

DOI:

https://doi.org/10.33633/joins.v2i1.1460

Abstract

Kendaraan roda dua merupakan salah satu transportasi yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Tingginya tingkat persaingan dalam penjualan produk kendaraan roda dua menuntut para manajer PT. Arista Mitra Lestari untuk terus berusaha meningkatkan mutu dan pelayanan perusahaan. Pelanggan adalah faktor penting dalam menjalankan usaha, namun dalam prakteknya pemasaran yang dilakukan oleh para manajer PT. Arista Mitra Lestari masih kurang efektif. Untuk mengatasi masalah ini dibutuhkan suatu strategi yang dapat membantu meningkatkan pemasaran kendaraan roda dua, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan data penjualan yang dimiliki oleh perusahaan. Data mining dapat digunakan untuk mengolah data penjualan perusahaan dengan mencari association rule pada variable alamat customer dan produk kendaraan, dimana untuk mendapat aturan yang sesuai digunakan algoritma apriori. Dari hasil analisis association rule pada data penjualan, dengan masukan support 1% dan confidence 50% telah diperoleh 6 aturan dengan nilai ratio lift > 1 yang menunjukan bahwa aturan tersebut valid. Berdasarkan dari aturan yang diperoleh diketahui bahwa terdapat 2 aturan yang menunjukan bahwa pelanggan daerah Compreng memiliki kecenderungan untuk membeli Vixion, 2 aturan menunjukan bahwa pelanggan daerah Pusakanegara memiliki kecenderungan untuk membeli Fino, dan 2 aturan menunjukan bahwa pelanggan daerah Pamanukan dan Pusakanegara memiliki kecenderungan untuk membeli Mio dan Vixion. Hasil dari analisis ini dapat dijadikan alat bantu bagi para manajer PT. Arista Arista Mitra Lestari dalam mengambil keputusan yang lebih baik dalam memasarkan produk kendaraan roda dua. Kata kunci:Algoritma Apriori, Association Rule, Data Mining, Pemasaran produkMotorcycle is one of the transportation that got much in demand by the people of Indonesia. The high level of competition in the market of motorcycle require managers of PT. Arista Mitra Lestari to continuously improve the company quality and service. Customers is a very important factor in a world of bussines, but in practice the marketing that was done by the manager of PT. Arista Mitra Lestari still not very effective. To solve this problem the company need a strategy that can help to improve the marketing of motorcycle, one way to do is to utilize the company sales data. Data mining can be used to process the sales data association rule company by looking at the variable of customer and vehicle products,to calculate that apriori algorithm was used. From the analysis of association rule on sales data, with inputs support 1% and 50% confidence had gained 6 rules with the lift value ratio> 1 which indicates that the rule is valid. Based on the rules obtained is known that there are two rules shows that the customer area around Compreng have a tendency to buy Vixion, 2 rules shows that the customer area around Pusakanegara have a tendency to buy Fino, and the second rule indicates that the customer area around Pamanukan and Pusakanegara have a tendency to buy Mio and Vixion. The results of this analysis can be used as tools for managers PT. Arista Arista Mitra Lestari in making better decisions in motorcycle market products. Keywords: Apriori Algorithm, Association Rule, Data Mining, Marketing Product  

Downloads

Published

2017-05-09

How to Cite

[1]
A. A. Prakoso and A. Fahmi, “Penerapan Data Mining Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Meningkatkan Strategi Pemasaran Produk Motor Yamaha”, Journal of Information System, vol. 2, no. 1, pp. 28–38, May 2017.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.