Sistem Informasi Administrasi Pengelolaan Piutang Pada Derra Convection Jepara

Authors

  • Dera Fahri Fania Udinus
  • Abdul Syukur Udinus

DOI:

https://doi.org/10.33633/joins.v2i1.1457

Abstract

Derra Convection merupakan jenis usaha konveksi yang sudah berjalan selama 15 tahun ini bergerak dibidang usaha konveksi. Dalam menjalankan usaha konveksi selama ini Derra Convection memperbolehkan pencicilan pembayaran kepada pelanggannya. Keunggulan inilah yang menjadikan Derra Convection memiliki banyak pelanggan setia dan selalu memilih Derra Convection sebagai patner kerja dibandingkan dengan perusahaan sejenisnya. Namun keunggulan tersebut belum dibarengi dengan proses pendataan yang terkomputerisasi sehingga sering menimbulkan masalah seperti kesulitan dalam mencari informasi karena harus membuka kertas bukti transaksi satu persatu. Dari permasalahan tersebut penelitian Sistem Informasi Administrasi Pengelolaan Piutang Pada Derra Convection Jepara ini dilakukan, untuk memudahkan dalam melakukan pendataan pemesanan, penghitungan pembayaran cicilan, serta kemudahan memperoleh laporan-laporan yang dibutuhkan. Pengembangan sistem penelitian ini menggunakan metode waterfall, dengan desain pendekatan terstruktur, menggunakan contex diagram, DFD level, ERD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah dalam melakukan pencarian kekurangan pembayaran, pencarian tanggal jatuh tempo pembayaran pelanggan, keakuratan penghitungan pembayaran, serta kemudahan – kemudahan dalam menyusun laporan bulanan yang dibutuhkan. Hasil dari penelitian ini adalah Pembangunan Sistem Informasi Administrasi Pengelolaan Piutang Pada Derra Convection Jepara dapat melakukan pendataan pelanggan yang memesan, pendataan barang yang dijual Derra Convection, pendataan pesanan barang, serta pencicilan pesanan yang dilakukan oleh pelanggan. Kata kunci : sistem informasi, waterfall, visual basic, contex diagram, dfd level. Abstract Derra convection Convection is a type of business that has been running for 15 years engaged in the business of convection. In running this business for Derra convection Convection pencicilan allow payments to customers. Excellence is what makes Derra Convection has many loyal customers and always choose Derra Convection as working partners compared to its peers. But these advantages have not been accompanied by a computerized data collection process that often cause problems such as difficulty in finding information having to reopen the transaction receipt paper one by one. From the problems of research Receivable Management Information System Administration Jepara At Derra Convection is done, to facilitate the conduct of the booking data collection, calculation of payments, as well as the ease of obtaining the required reports. This research system development using the waterfall method, with the design of a structured approach, using contex diagram, DFD level, ERD. The purpose of this study is to facilitate the search shortage of payment, payment due date search customer, the accuracy of the calculation of payments, as well as convenience - ease in a monthly report required. The results of this research are Development Administration Information System Receivables Management In Convection Derra Jepara can perform data collection customers who order, collection goods sold Derra Convection, logging orders for goods, as well as pencicilan orders placed by customers Keywords : information systems, waterfall, visual basic, contex diagram, DFD level. 

Downloads

Published

2017-05-02

How to Cite

[1]
D. F. Fania and A. Syukur, “Sistem Informasi Administrasi Pengelolaan Piutang Pada Derra Convection Jepara”, Journal of Information System, vol. 2, no. 1, pp. 1–14, May 2017.

Issue

Section

Articles