Peningkatan Kualitas Layanan Sistem Pelayanan Listrik di Kota Bekasi Berbasis Web dengan Penerapan UML

Authors

  • Frisca Dwi Imroatus Solihah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Apriade Voutama Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.33633/joins.v9i1.10572

Keywords:

Sistem informasi, pelayanan listrik, kepuasan pelanggan, UML, SDLC

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas layanan sistem pelayanan listrik di Kota Bekasi melalui pengembangan sistem informasi berbasis web dengan penerapan Unified Modeling Language (UML). Kebutuhan yang semakin meningkat akan sistem informasi yang efisien dan efektif untuk menangani kendala PT PLN (Persero) dalam memberikan layanan listrik, termasuk gangguan listrik, fluktuasi tegangan, dan ketidakefisienan penanganan keluhan pelanggan, menjadi latar belakang penelitian ini. Metode penelitian mencakup penggunaan UML untuk perancangan sistem dan Systems Development Life Cycle (SDLC) untuk memastikan pembangunan sistem yang terstruktur dan terarah. Sistem yang dikembangkan melibatkan dua jenis pengguna, yaitu pelanggan (pengguna biasa) dan administrator. Pelanggan memerlukan antarmuka yang mudah digunakan untuk melaporkan gangguan listrik dan melacak status pengaduan, sedangkan administrator memerlukan sistem yang efisien untuk mengelola dan memproses pengaduan. Hasil pengujian aplikasi menunjukkan bahwa sistem informasi yang dikembangkan berfungsi dengan baik dan memenuhi kebutuhan pengguna. Pengujian unit, integrasi, dan sistem menunjukkan bahwa semua komponen aplikasi berfungsi harmonis, sementara pengujian pengguna menunjukkan bahwa aplikasi ini meningkatkan efisiensi dan kenyamanan dalam penanganan pengaduan listrik. Pengguna merespons positif terhadap kemudahan penggunaan dan kecepatan respon sistem, sementara administrator menemukan bahwa sistem ini membantu dalam manajemen pengaduan dan analisis data.

References

A. Dwi Saputra dan R. Indra Borman, “Sistem Informasi Pelayanan Jasa Foto Berbasis Android (Studi Kasus: Ace Photography Way Kanan),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 1, no. 2, 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Akhriana Asmah, “Aplikasi Pengaduan Gangguan Listrik Berbasis Android Pada PT.PLN (Persero) Induk Wilayah Sulselrabar Application of Android-based Electric Disorders Complaints in PT. PLN (Persero) Induk Region Sulselrabar,” Kominfo, vol. 3, hlm. 1–8, 2019.

Fathiya Hasyifah Sibarani, Sunilfa Maharani Tanjung, dan Muhammad Oemar Abdillah, “Sistem Informasi Pelayanan Pemasangan Listrik pada PT. PLN Ulp Medan Baru Berbasis Web,” Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, vol. 8, hlm. 1–13, 2024, Diakses: 18 Maret 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://www.ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/saintek/article/view/3107/1596

A. R. Baihaqi, Perwito, dan C. Agustin, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Website pada PT. Reftech Jaya Optima,” Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika dan Komunikasi, vol. 5, no. 1, hlm. 872–880, Jan 2024, doi: 10.35870/jimik.v5i1.568.

A. Voutama, “Sistem Antrian Cucian Mobil Berbasis Website Menggunakan Konsep CRM dan Penerapan UML,” Komputika : Jurnal Sistem Komputer, vol. 11, no. 1, hlm. 102–111, Feb 2022, doi: 10.34010/komputika.v11i1.4677.

J. Margaretha dan A. Voutama, “Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Konser Musik Berbasis Web Menggunakan Unified Modeling Language (UML),” JOINS (Journal of Information System), vol. 8, no. 1, hlm. 20–31, Jun 2023, doi: 10.33633/joins.v8i1.7107.

F. Nur Sa’adah dan A. Voutama, “Perancangan Aplikasi Penjualan Fashion dan Aksesoris Berbasis Web pada Toko Fitrin,” 2023.

Setiaji dan Ricki Sastra, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Penggajian,” Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, vol. 7, no. 1, 2021, doi: 10.31294/jtk.v4i2.

V. Aulia, M. Adriyani, M. Wahyuda, G. Langi, dan S. Ria, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Laporan Persediaan Barang,” Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, vol. 12, no. 2, hlm. 91–98, Nov 2021, doi: 10.47927/jikb.v12i2.145.

V. Yoga dan P. Ardhana, “Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Puskesmas Berbasis UML Design of UML-Based Puskesmas Medical Recod Information System,” 2021.

H. P. Putra dan A. Herlambang, “Sistem Informasi Pelayanan polisi Berbasis Web,” 2022.

S. Ramadhan, T. Ansyor Lorosae, dan M. Fardan, “Perancangan Sistem Informasi Data Pelayanan Perpustakaan Berbasis Web Pada SMAN 2 Parepare,” MediaTIK, vol. 6, no. 2, 2023.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

[1]
F. D. Imroatus Solihah and A. . Voutama, “Peningkatan Kualitas Layanan Sistem Pelayanan Listrik di Kota Bekasi Berbasis Web dengan Penerapan UML”, Journal of Information System, vol. 9, no. 1, pp. 75–86, Jul. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.