Analisis Perbandingan Algoritma ID3 Dan C4.5 Untuk Klasifikasi Penerima Hibah Pemasangan Air Minum Pada PDAM Kabupaten Kendal

Dana Melina Agustina, - Wijanarto

Abstract


Program hibah air minum bertujuan untuk meningkatkan cakupan pelayanan air minum yang diprioritaskan bagi masyarakat berpenghasilan rendah dalam rangka meningkatkan derajat kualitas kesehatan masyarakat. Pengklasifikasian data masyarakat berperan untuk menentukan pemberian sambungan air minum secara objektif dan akurat. Dalam penelitian ini dilakukan perbandingan metode data mining yaitu algoritma ID3 dan C4.5 yang diterapkan pada data masyarakat berpenghasilan rendah pada PDAM Kabupaten Kendal dengan menggunakan RapidMiner. Hasil pengujian yang menunjukkan bahwa algoritma ID3 nilai akurasi sebesar 98,91%. Sedangkan pada algoritma C4.5 nilai accuracy sebesar 99,14%. Jadi algoritma C4.5 memiliki tingkat akurasi yang lebih besar dari pada algoritma ID3. Sehingga pada kasus penerima hibah pemasangan sambungan air minum diterapkan pada framework php dapat menentukan penerima hibah pemasangan sambungan air minum dengan menggunakan acuan pada algoritma C4.5 yang memiliki akurasi yang lebih baik.

Kata kunci—Klasifikasi,Algoritma ID3,Algoritma C4.5, Air Minum, PDAM


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/jais.v1i3.1256

Article Metrics

Abstract view : 1016 times
PDF - 3938 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

 

 

 

Journal of Applied Intelligent System (e-ISSN : 2502-9401p-ISSN : 2503-0493) is published by Department of Informatics Universitas Dian Nuswantoro Semarang and IndoCEISS.

  

 

Journal of Applied Intelligent System indexed by :


This journal is under licensed of Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Visitor Stats