Penerapan Algoritma Genetika Untuk Penjadwalan Mata Pelajaran
DOI:
https://doi.org/10.33633/jais.v1i3.1255Abstract
Penentuan guru mengajar merupakan elemen penting di dalam penyusunan jadwal mata pelajaran di sekolah. Selain itu juga merupakan permasalahan umum yang selalu menjadi beban bagi bidang kurikulum. Masalah yang sering muncul adalah jam mengajar yang sama oleh seorang guru dalam ruangan yang berbeda. Hal ini sangat mengganggu waktu belajar siswa. Metode algoritma genetika adalah suatu metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah penjadwalan mata pelajaran. Algoritma genetika digunakan untuk memecahkan masalah yang dimodelkan sesuai dengan prinsip-prinsip evolusi dalam ilmu biologi. Penerapan metode Algortima Genetika untuk Penjadwalan Mata Pelajaran diharapkan dapat dikembangkan lebih lanjut ke dalam suatu sistem terkomputerisasi yang dapat mengganti cara manual penjadwalan mata pelajaran dan dapat menghasilkan jadwal yang lebih akurat dengan aturan yang ada dalam waktu yang lebih singkat. Kata Kunci: Algortima Genetika, Penjadwalan, Matapelajaran, MengajarDownloads
Published
2016-10-31
Issue
Section
Articles
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).