Pemodelan Perilaku Musuh Menggunakan Finite State Machine (FSM) Pada Game Pengenalan Unsur Kimia

Tito Bimantoro, Hanny Haryanto

Abstract


Pembelajaran kimia mempunyai peran penting dalam pendidikan dan kehidupan sehari-hari. Kurangnya pemahaman terhadap pembelajaran unsur-unsur kimia pada siswa Sekolah Menengah Atas membuat mereka belum bisa menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dan bagaimana pengetahuan itu akan digunakan. Hal ini dikarenakan cara mereka memperoleh informasi dan motivasi diri belum tersentuh oleh metode yang benar-benar dapat membantu mereka. Para siswa kesulitan untuk memahami konsep-konsep akademis karena metode mengajar yang selama ini digunakan oleh guru hanya terbatas pada metode ceramah. Salah satu metode yang dapat lebih membantu dalam pembelajaran adalah melalui media game. Sistem agen cerdas juga dibutuhkan untuk menambah pengalaman bermain game dengan tantangan-tantangan, sehingga materi yang diberikan dapat lebih dipahami dan menambah minat siswa dalam proses belajar. Model kecerdasan buatan yang digunakan adalah Finite State Machine (FSM) yang digunakan untuk merancang perilaku agen cerdas musuh dalam game. Hasil penelitian ini adalah kecerdasan buatan pada perilaku musuh dalam game pembelajaran pengenalan unsur-unsur kimia menggunakan metode Finite State Machine (FSM) untuk membantu pembelajaran siswa SMA/MA.

Kata Kunci: Game Edukasi, Finite State Machine, Unsur Kimia


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/jais.v1i3.1254

Article Metrics

Abstract view : 2923 times
PDF - 3825 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

 

 

 

Journal of Applied Intelligent System (e-ISSN : 2502-9401p-ISSN : 2503-0493) is published by Department of Informatics Universitas Dian Nuswantoro Semarang and IndoCEISS.

  

 

Journal of Applied Intelligent System indexed by :


This journal is under licensed of Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Visitor Stats