Analisis Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan Dengan Metode Fuzzy Multi Attribute Decision Making

Christian Budi Andrianto, - Mistarjo

Abstract


Penentuan siswa yang memperoleh beasiswa harus sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh pemberi beasiswa dan memenuhi rasa keadilan untuk semua siswa. Penentuan penerima beasiswa yang dilakukan sekolah SMP Muhammadiyah 2 Kalasan saat ini masih bersifat manual. Bagian Tata Usaha sekolah, mencari siswa yang masuk sebagai calon penerima beasiswa, kemudian mengurutkan siswa per kriteria,untuk  menentukan penerima beasiswa. Hal ini tentu memerlukan rentetan waktu yang lama dan tingkat akurasi yang rendah. Karena dimungkinkan adanya pengamatan kriteriacalon penerima yang terlewat. Kriteria yang terlewat ini mengakibatkan pemberian beasiswa ini tidak tepat sasaran. Sistem Pendukung Keputusan ini mampu mengurangi error yang disebabkan oleh penentuan penerima beasiswa secara manual. Penggunaan metode Fuzzy dalam sistem pendukung keputusan dilakukan dengan cara melakukan pembobotan pada setiap criteria yang dijadikan dasar dalam penentuan penerimaan beasiswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Fuzzy Multi Attribute Decision Making memungkinkan pengguna untuk memberikan bobot pada kriteria yang bersifat non numeric, sehingga dapat dilakukan perhitungan pada semua criteria. Penelitian dengan menggunakan Fuzzy MADM metode SAW, akan membantu Kepala Sekolah dalam memutuskan siapa yang berhak untuk mendapatkan beasiswa dengan cara meranking calon penerima beasiswa. Selain mempermudah, system ini juga akan keputusan yang lebih cepat dibandingkan dengan metode sebelumnya.

 

Kata Kunci — Fuzzy, SAW, Beasiswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/jais.v1i2.1188

Article Metrics

Abstract view : 352 times
PDF - 624 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

 

 

 

Journal of Applied Intelligent System (e-ISSN : 2502-9401p-ISSN : 2503-0493) is published by Department of Informatics Universitas Dian Nuswantoro Semarang and IndoCEISS.

  

 

Journal of Applied Intelligent System indexed by :


This journal is under licensed of Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Visitor Stats