Analisis Pengaruh Display Interior Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen Indomaret Pontianak

Authors

  • Ana Fitriana Jurusan Sistem Infomasi, STMIK Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.33633/jais.v1i2.1185

Abstract

Pembelian impulsif adalah kecenderungan membeli produk atau jasa dengan tidak terencana, selanjutnya ketika pembelian sering tidak terencana, maka umumnya konsumen membeli produk atau jasa yang tidak terdaftar dalam daftar belanja. Sejalan dengan tujuan pemasar, pembelian tidak terencana ini berdampak sangat positif bagi pihak perusahaan. Salah satu perilaku konsumen yang sangat penting adalah perilaku belanja impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh display interior pada Indomaret Pontianak terhadap impulsive buying konsumennya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah konsumen Indomaret Pontianak, sebanyak 100 responden dipilih secara accidental sampling sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pengumpulan data primer dengan teknik pengumpulan data kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis koefisien determinasi, analisis regresi berganda dan uji hipotesis.Hasil perhitungan data menggunakan SPSS for windows ver 16 menunjukan secara simultan pengaruh display interior terhadap impulsive buying diketahui berpengaruh sebesar 61,31%. Sedangkan 38,69% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti didalam penelitian ini. Secara parsial tiga variabel bebas yaitu pengadaan barang, pengelompokan barang, dan penyusunan barang dan pencahayaan mempunyai pengaruh signifikan terhadap Impulsive buying.   Kata kunci — Pengadaan barang, Pengelompokan barang, Penyusunan barang dan pencahayaan, Perilaku Pembelian Impulsif

Downloads

Published

2016-06-30

Issue

Section

Articles