Analisis Pengaruh Display Interior Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen Indomaret Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.33633/jais.v1i2.1185Abstract
Pembelian impulsif adalah kecenderungan membeli produk atau jasa dengan tidak terencana, selanjutnya ketika pembelian sering tidak terencana, maka umumnya konsumen membeli produk atau jasa yang tidak terdaftar dalam daftar belanja. Sejalan dengan tujuan pemasar, pembelian tidak terencana ini berdampak sangat positif bagi pihak perusahaan. Salah satu perilaku konsumen yang sangat penting adalah perilaku belanja impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh display interior pada Indomaret Pontianak terhadap impulsive buying konsumennya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah konsumen Indomaret Pontianak, sebanyak 100 responden dipilih secara accidental sampling sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pengumpulan data primer dengan teknik pengumpulan data kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis koefisien determinasi, analisis regresi berganda dan uji hipotesis.Hasil perhitungan data menggunakan SPSS for windows ver 16 menunjukan secara simultan pengaruh display interior terhadap impulsive buying diketahui berpengaruh sebesar 61,31%. Sedangkan 38,69% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti didalam penelitian ini. Secara parsial tiga variabel bebas yaitu pengadaan barang, pengelompokan barang, dan penyusunan barang dan pencahayaan mempunyai pengaruh signifikan terhadap Impulsive buying.  Kata kunci — Pengadaan barang, Pengelompokan barang, Penyusunan barang dan pencahayaan, Perilaku Pembelian ImpulsifDownloads
Published
2016-06-30
Issue
Section
Articles
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).